Pelamar Panwaslu kecamatan capai 165 orang

id Panitia Pengawas Pemilu, Dewantara Jaya, pendaftaran Panwaslu

Pelamar Panwaslu kecamatan capai 165 orang

Panwaslu (ANTARA)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Jumlah pelamar calon anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, pada hari keenam sejak dibuka 25 September lalu sudah tercatat 165.

"Sejak dibuka pendaftaran Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan hingga sekarang ini sudah sebanyak 165 pendaftar untuk ditugaskan mengawasi pemilihan di 13 kecamatan se-Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU)," kata Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi Panwaslu OKU, Dewantara Jaya di Baturaja, Minggu.

Ia mengatakan, pihaknya segera menutup penerimaan pendaftaran Panwaslu tingkat kecamatan terhitung sejak 1 Oktober 2017 sesuai dengan tahapan yang diatur oleh undang-undang.

"Hari ini terakhir calon Panwaslu Kecamatan mengembalikan berkas ke sekretariat Panwaslu," kata Dewantara Jaya.

Dewantara menjelaskan, dari 13 kecamatan di OKU wilayah Kecamatan Baturaja Timur yang paling banyak peminat melamar sebagai anggota Panwaslu kecamatan sebanyak 36 orang terdiri atas laki-laki 24 orang dan perempuan 12 orang.

"Sedangkan Kecamatan Lubuk Raja baru enam orang pelamar," jelasnya.

Menurut dia, sebagaimana diatur oleh Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu bahwa jumlah anggota Panwaslu kecamatan hanya tiga orang yang akan ditempatkan di setiap kecamatan se Kabupaten OKU.

"Jadi seluruhnya dari 13 kecamatan kita butuh 39 orang," katanya.