Medco pasok gas rumah tangga di Sumsel

id medco, jaringan gas kota, jargas, skk migas, pgn, gas

Medco pasok gas rumah tangga di Sumsel

Bupati Banyuasin, Sumsel, Dodi Reza Alex Noerdin (tengah) ketika meninjau jaringan gas kota di lapangan operasional Medco di Kabupaten Musi Banyuasin. (ANTARA Sumsel/Dok Medco)

....Pasokan gas yang akan dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga ini, diharapkan dapat menghemat pengeluaran biaya hidup warga Kota Sekayu....
Musi Banyuasin,  (ANTARA Sumsel) - PT Medco E&P Indonesia kembali memasok produksi gas kebutuhan rumah tangga di Sumatera Selatan dan kali ini di Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin sebagai tindaklanjut program jaringan gas kota.

"Kami berharap, gas dari Medco E&P dapat terus bermanfaat bagi masyarakat di sekitar wilayah operasi, Sumatera Selatan. Medco E&P juga yakin, bahwa tujuan bisnis Perusahaan dalam menyediakan energi hanya dapat dicapai dengan menciptakan sinergi antara keberlanjutan usaha dengan pengembangan masyarakat dan kearifan lokal," kata Manager of Public Affair & Security Medco E&P, Sutami di Palembang, Rabu.     

Ia menjelaskan, program jaringan gas kota di Kabupaten Musi Banyuasin, setelah di Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Kota Palembang, dan pada 27 September 2017, giliran warga Kota Sekayu akan menikmati  gas yang dipasok dari lapangan gas milik perusahaan migas swasta nasional ini.

Pasokan gas yang akan dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga ini, diharapkan dapat menghemat pengeluaran biaya hidup warga Kota Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, katanya.

Keberhasilan program gas di Sekayu ini dapat terlaksana berkat kerja sama dan koordinasi yang baik antara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK MIGAS), dan kerja cepat dari Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin. Hingga saat ini.

Sebab pasokan gas Medco E&P untuk program gas kota ini sudah dinikmati oleh 21.000 rumah di Kota Tarakan dan 5.000 rumah di Kota Palembang.

Menurut rencana, gas dari lapangan-lapangan Medco E&P di Blok South Sumatra akan disalurkan secara bertahap oleh Perusahaan Gas Negara (PGN) ke 6.031 sambungan gas rumah tangga di Kota Sekayu. Pasokan ke Kota Sekayu ini menegaskan kembali komitmen Perusahan dalam memproduksi gas untuk kebutuhan domestik.

Pasokan gas tersebut akan disalurkan melalui jaringan gas kota yang dikelola oleh PGN. Dalam mengelola pasokan gas tersebut, Medco E&P dan PGN akan menyepakati perjanjian jual beli gas yang diketahui oleh SKK MIGAS. Jumlah gas yang akan dipasok dari Medco E&P kepada PGN rencananya sebesar 0,25 MMSCFD, selama 10 tahun.

"Untuk itu, kami harap dukungan dari seluruh pemangku kepentingan seperti selama ini sehingga  program ini dapat terus berjalan dan ditingkatkanā€¯ ujar Sutami. (I016)