Kadiknas: Realisasi dana BOS Rp10 miliar

id dana bos, bantuan operasional sekolah, Dinas Pendidikan, Achmad Tarmizi

Kadiknas: Realisasi dana BOS Rp10 miliar

Transparansi dana bantuan operasional sekolah (ANTARA FOTO)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Achmad Tarmizi mengatakan, realisasi dana BOS tahap III Rp10 miliar disalurkan kepada 260 SD dan SLTP di wilayah itu.

"Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sudah ditransfer pada pekan lalu ke seluruh sekolah penerima bantuan di Ogan Komering Ulu (OKU)," kata Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) OKU, Achmad Tarmizi di Baturaja, Selasa.

Dikatakan Tarmizi, bantuan dana untuk 260 Sekolah Dasar (SD) dan SLTP tersebut sudah dilakukan melalui rekening bank oleh pihak Pemerintah Provinsi Sumsel selaku pengelola dana BOS.

"Pihak pengelola sudah mentransfer dana BOS ke rekening bank milik seluruh sekolah penerima bantuan tersebut pada 18 September 2017," katanya.

Ia mengungkapkan, pada tahap III atau periode Juli-September 2017 ini pemerintah pusat mengalokasikan dana BOS sebesar Rp10.083.640.000 sebagai dana operasional 197 tingkat SD dan SLTP berjumlah 63 sekolah baik negeri maupun swasta yang menerima bantuan tersebut.

Sekolah yang menerima dana bantuan itu, kata dia, terdiri atas tingkat SD total sebesar Rp6.675.840.000 dan jenjang SLTP mendapat bantuan pendidikan sebanyak Rp3.407.800.000.

"Besaran dana yang diberikan itu juga tidak sama untuk setiap sekolah karena ditentukan jumlah siswa dalam perhitungan dana BOS, yakni data dari Dapodikdasmen," ujarnya.