PMD latih aparatur sistem keuangan desa

id dana desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, sistem keuangan, Achmad Firdaus

PMD latih aparatur sistem keuangan desa

Ilustrasi (Antaranews.com)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, akan memberikan pelatihan sistem keuangan desa bagi seluruh aparatur pemerintahan tingkat pedesaan.

"Rencananya pemerintah setempat akan memberikan pelatihan terkait sistem keuangan desa kepada aparatur desa," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Ogan Komering Ulu (OKU), Achmad Firdaus melalui Sekretarisnya, Yoyin Apriyanto di Baturaja, Minggu.

Rencana pelatihan tersebut akan dilaksanakan di Palembang dengan memberikan pemahaman kepada seluruh perangkat terkait mekanisme aturan yang harus dijalankan dalam mengelola keuangan desa.

"Memang seluruh perangkat desa masih banyak yang belum memahami aplikasi ini. Untuk itu perlu mengikuti pelatihan guna memahami sistem keuangan desa agar tidak menyalahi aturan," ungkapnya.

Selain agar pelaporan dan pengelolaan keuangan lebih tertib, kata dia, aplikasi sistem keuangan desa juga dapat mempermudah pemerintah dalam memantau penggunaan dana desa.

Di Sumsel masih terdapat beberapa kabupaten yang belum mengaktifkan dan melaporkan keuangan desa menggunaan aplikasi sistem keuangan desa, salah satunya Kabupaten OKU sendiri sehingga perlu diberikan pelatihan sebelum mengaktifkannya.

"Pemerintah desa dituntut harus memahami sistem keuangan desa karena sangat penting dalam mengelola keuangan," jelasnya.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar