Pangdam ajak generasi penerus kenang sejarah bangsa

id AM Putranto, Pangdam Sriwijaya, G 30 S PKI, nonton bareng, sejarah bangsa

Mayor Jenderal TNI A.M. Putranto (Antarasumsel.com/Feny Selly/Ang/17)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pangdam II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI AM Putranto mengajak seluruh lapisan masyarakat terutama generasi penerus untuk mengenang sejarah bangsa termasuk penghianatan gerakan 30 September.

"Generasi penerus memang ada yang belum mendalami tentang sejarah perjuangan sehingga perlu diingatkan kembali," kata Pangdam usai nonton bersama film G 30 S PKI di pelataran Benteng Kuto Besak Palembang, Sabtu malam.

Oleh karena itu pihaknya melaksanakan nonton bareng (nobar) bersama ribuan masyarakat akan film G30 S PKI tersebut.

Dia mengatakan, nonton film yang berdurasi empat jam tersebut supaya masyarakat mengetahui G30 S PKI.

Jadi film tersebut harus ditonton seluruh lapisan masyarakat karena peristiwa tersebut sangat menyakitkan bangsa Indonesia.

Menurut dia, dengan mengingat sejarah maka negara kesatuan semakin kuat.

Yang jelas, lanjut dia, kegiatan nonton bersama film G 30 S/PKI ini untuk mengingatkan kembali seluruh prajurit dan PNS beserta keluarganya maupun masyarakat luas terhadap sejarah kejahatan komunis di Indonesia.

Selain itu nonton peristiwa sejarah itu untuk menggugah kewaspadaan dan kesadaran semua terhadap bahaya laten komunis supaya tidak terulang kembali.

Yang jelas semua pihak harus tetap waspada terhadap adanya ancaman, ujar dia.

Kegiatan nonton bersama film G 30 S/PKI ini dilakukan di seluruh wilayah Sumatera Bagian Selatan sampai tingkat Koramil.

Untuk kegiatan nonton bersama di wilayah Kodam II/Sriwijaya, kata Pangdam, telah dilakukan sejak 20 September 2017 sampai dengan tanggal 30 September 2017.

Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar