Toko cenderamata haji Palembang tambah stok

id cendera mata, kurma, haji, toko

Penjual perlengkapan haji. (Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Toko cenderamata haji di Kota Palembang, Sumatera Selatan menambah stok atau persediaan barang dagangan menyambut kedatangan jamaah haji 1438 Hijriah/2017.

Stok aneka jenis kurma, kacang, sajadah, dan barang lainnya yang biasa dijadikan buah tangan dari Tanah Suci Mekkah saat ini terus ditambah karena permintaan semakin meningkat, kata Anita pemilik travel dan toko cenderamata haji Lovina di Palembang, Kamis.

Menurut dia, masyarakat yang melakukan ibadah haji ketika pulang berupaya membawa cenderamata untuk keluarga dan teman-temannya, namun karena barang bawaannya ketika pulang ke Tanah Air dibatasi sekitar 30 kilogram biasanya kekurangan cenderamata dipenuhi dari toko yang ada di daerah ini.

Untuk memenuhi peningkatan permintaan masyarakat, pihaknya mulai melakukan persiapan stok/pemesanan barang kepada mitra usaha yang ada di Arab Saudi sejak dua bulan terakhir.

"Sebelum proses pemberangkatan jamaah calon haji mulai dilakukan persiapan penambahan stok, karena setelah proses pemberangkatan berakhir toko mulai ramai dikunjungi pembeli baik dari Kota Palembang maupun dari beberapa kabupaten dan kota Sumsel lainnya," ujarnya.

Pembeli yang datang ke toko cenderamata ini merupakan saudara atau anak dari jamaah yang melaksanakan ibadah haji tahun 2017 ini.

Jamaah haji sering mengalami kesulitan membawa cenderamata untuk keluarga besar, tetangga, dan rekan kerjanya dalam jumlah banyak karena berat barang bawaan dibatasi pihak maskapai penerbangan.

Dengan disediakannya sejumlah barang yang biasa dijadikan cenderamata haji yang didatangkan langsung dari Arab Saudi, jamaah haji tidak perlu repot memikirkan membawa barang cenderamata dalam jumlah banyak ketika akan pulang ke daerah masing-masing, katanya.

Dia menjelaskan, seperti tahun-tahun sebelumnya barang dan makanan yang paling banyak dibeli sebagai cenderamata haji di antaranya sajadah, kopiah, tasbih, kurma, kacang dan air zamzam dalam kemasana botol mini maupun galon ukuran sedang (5 liter).

Semua barang dan makanan yang dijual sebagai cenderamata sama dengan barang yang dibawa langsung oleh para jamaah haji, sehingga masyarakat tidak perlu ragu untuk memberikannya sebagai cenderamata haji karena barang tersebut didatangkan langsung dari Arab Saudi, ujar Anita.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar