Dinas Kesehatan imbau warga waspada penyakit pancaroba

id Dinas Kesehatan, penyakit, pancaroba, Suharmasto

Ilustrasi seorang anak menggunakan masker. (usu.edu)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mengimbau warga di wilayah itu mewaspadai penyakit yang dapat diderita oleh anak saat pergantian musim atau biasa disebut musim pancaroba seperti sekarang.

"Saat musim pancaroba para orang tua harus lebih waspada jangan sampai anaknya terserang penyakit seperti diare, gangguan pernafasan atau Ispa, flu dan demam," kata Kepala Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu (OKU), Suharmasto di Baturaja, Selasa.

Pihaknya telah menyiagakan petugas kesehatan di setiap puskesmas guna menyampaikan imbauan tersebut kepada masyarakat agar mewaspadai penyakit yang sering diderita oleh anak saat musim hujan seperti sekarang ini.

"Serangan penyakit saat musim hujan sering terjadi pada anak-anak dan dan anak usia di bawah lima tahun (balita). Untuk itu masyarakat harus lebih waspada dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar," ungkapnya.

Sejauh ini, kata dia, pihaknya belum menerima laporan mengenai adanya korban yang serius menderita penyakit tersebut apalagi sampai meninggal dunia.

"Hal tersebut tidak terlepas dari kerja keras petugas kesehatan di UPTD dan puskesmas yang selalu mengingatkan dan mengimbau masyarakat untuk berperilaku hidup sehat," katanya.

Masyarakat di wilayah itu, kata dia, diimbau agar tidak menggunakan air sungai untuk konsumsi masak dan minum, kecuali dipergunakan hanya mandi atau mencuci saja.

Sebab, kata dia, saat musim kemarau tingkat debit air sungai lebih menurun hingga menimbulkan banyaknya bibit kuman atau penyakit yang muncul dan naik ke permukaan.

"Termasuk kualitas air sungai yang kotor dan keruh sehingga rentan dan bahaya jika dikonsumsi manusia," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar