Dinas selesaikan 70 persen bedah rumah warga

id bedah rumah, perbaikan, Dinas Perumahan, Ogan Komering Ulu, Hasan HD

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan telah menyelesaikan 70 persen pengerjaan bedah rumah warga yang tidak layak huni dari target 100 unit pada 2017.

"Hingga September 2017 program bedah rumah warga kurang mampu di Ogan Komering Ulu (OKU) telah selesai sekitar 70 persen atau 70 rumah telah diperbaki," kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Ogan Komering Ulu, Ulia Mahdi melalui Sekretarisnya, Hasan HD di Baturaja, Selasa.

Pada 2017 dinas tersebut merehab sebanyak 100 rumah tidak layak huni bagi warga penerima bantuan di lima kelurahan terdiri atas Kelurahan Kemalaraja 28 unit, Talang Jawa 34, Air Gading 20, Saung Naga (tiga unit) dan Batu Kuning sebanyak lima rumah.

"Saat ini proses tahap pertama atau penyelesaian rehab rumah di daerah Kelurahan Kemalaraja," jelas Hasan.

Hasan menjelaskan, setiap warga penerima bantuan dari pemerintah pusat tersebut diberikan biaya sebesar Rp15 juta untuk membeli bahan material guna merehab rumah mulai dari bagian dinding, atap dan lantai.

Sistem penyaluran dana bantuan itu sendiri disalurkan melalui rekening bank milik Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) yang ada di setiap kelurahan wilayah setempat.

"Masyarakat hanya menerima Rp1,5 juta untuk upah tukang, sisanya biaya pembelian bahan material yang akan dilakukan oleh LKM itu sendiri," ungkapnya.

Ia mengemukakan, pengerjaan rehab 100 unit rumah yang dilaksanakan sejak Juni 2017 sudah melalui proses verifikasi berkas usulan dari setiap kelurahan sebelumnya dan layak untuk diperbaiki.

"Kami optimistis pengerjaan yang ditargetkan tahun ini akan selesai 100 persen dapat terealisasi," ujarnya.