Dinas Pariwisata tingkatkan sarana obyek wisata

id obyek wisata, wisata, Paisol Ibrahim, kadis pariwisata oku, Goa Putri , Bendungan Rantau Kumpai, Air Terjun Kambas

Goa Putri (ANTARA Sumsel/13/Edo Purmana)

Baturaja  (ANTARA Sumsel) - Dinas Pariwisata Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan pada 2018 akan meningkatkan sarana dan prasarana di tiga obyek wisata guna menarik minat wisatawan berkunjung  ke tempat tersebut.

"Untuk tahun ini tidak ada perbaikan karena belum ada anggaran. Namun, rencananya peningkatan tiga objek wisata akan direlaisasikan tahun depan," kata Kepala Dinas Pariwisata Ogan Komering Ulu (OKU), Paisol Ibrahim melalui Sekretarisnya, Imron di Baturaja, Jumat.

Dia mengatakan, pada 2018 melakukan perbaikan tiga objek wisata yaitu Goa Putri di Desa Padang Bindu, Bendungan  Rantau Kumpai dan Air Terjun Kambas di Desa Ulak Lebar dengan meningkatkan sarana dan prasarananya.

"Upaya peningkatan sarana prasarana baru akan direalisasikan tahun depan menggunakan dana yang bersumber dari APBN dan APBD 2018," katanya.

Dana yang telah disiapkan tersebut, kata dia, untuk peningkatan sarana di Goa Putri dan Bendungan Rantau Kumpai sekitar Rp3 miliar.

Sedangkan peningkatan sarana Air Terjun Kambas anggarannya bersumber dari APBD OKU 2018 sebesar Rp1 miliar sehingga total biaya rehab tiga objek wisata itu sekitar Rp4 miliar.

Ia menjelaskan, upaya peningkatan yang akan dilakukan dengan memperbaiki sekaligus menambah fasilitas seperti membangun jalan setapak, menambah lampu hias di dalam goa dan sarana lainnya.

"Perbaikan objek wisata ini selain bertujuan menarik minat wisatawan berkunjung ke Baturaja sekaligus untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) OKU dari sektor pariwisata," jelasnya.

Menurut dia, meskipun tidak mudah untuk mengembangkan objek wisata di wilayah itu, namun pihaknya secara bertahap akan terus menata dan memperbaiki fasilitas yang ada serta mempromosikannya ke luar daerah.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar