Wisatawan Malaysia paling banyak berkunjung ke Palembang

id dinas pariwisata palembang, pariwisata, wisata, objek wisata, pembenahan objek wisata, wisman

Wisatawan Malaysia paling banyak berkunjung ke Palembang

Jembatan Ampera berdiri megah di atas Sungai Musi menjadi objek wisata pavorit wisatawan ke Palembang. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

...Berdasarkan data kunjungan wisatawan dalam beberapa tahun terakhir rata-rata tercatat 9.000 wisatawan mancanegara dari jumlah itu didominasi wisatawan dari Malaysia...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Wisatawan dari Malaysia merupakan wisatawan mancanegara yang paling banyak berkunjung ke Kota Palembang, Sumatera Selatan dalam beberapa tahun terakhir.

Berdasarkan data kunjungan wisatawan dalam beberapa tahun terakhir rata-rata tercatat 9.000 wisatawan mancanegara dari jumlah itu didominasi wisatawan dari Malaysia, kata Kepala Dinas Pariwisata Palembang Isnaini Madani, di Palembang, Jumat.

Selain warga Malaysia, wisatawan asing lainnya yang tergolong paling banyak jumlahnya berkunjung ke kota yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 itu yakni warga Tiongkok dan Singapura, katanya.

Menurut dia, jumlah kunjungan wisatawan asing ke kota ini diupayakan terus meningkat sehingga bisa menambah devisa negara dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Untuk meningkatkan jumlah wisatawan asing berkunjung ke kota ini, pihaknya berupaya melakukan penataan objek wisata yang ada dan berupaya mengembangkan objek wisata baru.

Objek wisata yang sedang dilakukan penataan seperti Benteng Kuto Besak yang berada di pusat kota daerah aliran Sungai Musi.

Objek wisata tersebut saat ini sedang dilakukan pembangunan tugu ikan belido yang diharapkan dapat menambah daya tarik wisatawan yang berkunjung ke kota ini karena karena ikan tersebut tergolong langka.

Kemudian terus menata pedestrian Sudirman yang sekarang ini mulai rutin menyajikan atraksi dan kesenian budaya khas Palembang, serta membangun "Taman Sky Park" di samping Jembatan Ampera.

Melalui upaya tersebut, pihaknya optimistis jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bumi Sriwijaya ini bisa meningkat sesuai dengan target yang diharapkan sekitar 12 ribu orang, kata Isnaini.