Sekda: Kepala sekolah harus miliki sertifikasi

id sekda, nasrun umar, kepala sekolah, guru, sekolah

Nasrun Umar (ANTARA Sumsel/Nova Wahyudi)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Sekretaris Daerah Sumatera Selatan Nasrun Umar mengatakan kepala sekolah harus memiliki sertifikasi supaya bermutu dan profesional dalam menjalankan tugas sehari-hari.

"Jangan sampai kepala sekolah tidak bermutu apalagi Sumsel mengutamakan pendidikan," kata Sekda saat berbicara pada pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah SMA dan SMK se-Sumsel di Palembang, Jumat.

Oleh karena itu kepala sekolah harus berkompeten serta berkualitas yang salah satunya mengikuti pendidikan dan pelatihan.

Lebih lanjut dia mengatakan apalagi adanya peraturan menteri dimana semua kepala sekolah harus memiliki sertifikat sehingga pendidikan tersebut harus diikuti.

Yang jelas, lanjut Sekda, sertifikasi kepala sekolah akan memberikan legalitas kompetensi dan itu harus dimiliki bagi pimpinan sekolah.

"Selain itu pendidikan dan pelatihan tersebut untuk meningkatkan kualitas para calon kepala sekolah," kata dia.

Dalam kesempatan itu Sekda juga minta dalam penyusunan program pendidikan di sekolah harus berpedoman pada musyawarah perencanaan pembangunan Pemerintah Provinsi Sumsel lalu.

Hal ini karena pembangunan termasuk bidang pendidikan harus sejalan dengan diprogramkan pemerintah daerah termasuk pusat.    

Oleh karena itu calon kepala sekolah diharapkan benar-benar mengikuti diklat ini secara serius dan maksimal sehingga ilmu yang didapat nantinya semakin bermanfaat.

"Pendidikan memang penting sekaligus bermutu yang salah satunya kepala sekolahnya harus berkualitas serta memiliki sertifikasi," ujar dia.

Peserta diklat calon kepala sekolah yang dilaksaanakan di Palembang tersebut diikuti 80 orang yang berasa dari kabupaten dan kota Sumsel.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar