Pemkot percantik sungai sekanak jelang Asian Games

id sungai sekanak, Sapri Nungcik, palembang, asian games, kawasan pejalan kaki

Pemkot percantik sungai sekanak jelang Asian Games

Pemkot tertibkan sungai sekanak Palembang (Antarasumsel.com/Feny Selly/17)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemkot Palembang percantik kawasan Sungai Sekanak, menjelang perhelatan akbar olahraga Asian Games XVIII tahun 2018 dengan menambah sejumlah fasilitas infrastruktur pendukung pariwisata.

Staf Ahli Khusus Percepatan Pembangunan Kota Palembang Sapri Nungcik di Palembang, Jumat, mengatakan dalam waktu dekat akan dibangunkan pedestrian (kawasan pejalan kaki) sehingga para wisatawan dapat berlama-lama menikmati keindahan Sungai Musi.

"Setelah menuntaskan pembangunan pedestrian di Jalan Jenderal Sudirman, kini beralih ke Sekanak karena kawasan ini akan dijadikan destinasi wisata baru kota Palembang," kata Sapri.

Ia mengatakan menjelang Asian Games ini pemerintah kota gencar mencari destinasi-destinasi wisata baru.

Kawasan Sekanak ini akan direvitalisasi menjadi destinasi wisata baru bercita rasa wajah kota tempo dulu dalam konsep Sekanak Kerihin (Sekanak Tempo Doloe).

"Di kawasan ini ada enam bangunan tua, dan melalui moda transfortasi sungai bisa langsung ke Benteng Kuto Besak, jadi benar-benar menjanjikan untuk jadi destinasi baru," kata Syafri.

Keenam bangunan tua itu, Bioskop Rosida atau Reks, Gudang Kopi atau Gedung Opera, Jembatan Sekanak, Gedung Tomson, Kantor Hoktong, Hotel pertama di Palembang atau bekas kantor Harian Sumeks.

Keinginan Pemkot Kota Palembang menciptakan destinasi baru wisata ini tak lain karena ingin memanfaatkan momentum Asian Games XVIII tahun 2018.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani mengatakan berbagai sektor digenjot pertumbuhannya untuk memanfaatkan momen Asian Games ini, salah satunya sektor pariwisata.

"Setidaknya 15.000 orang diperkirakan akan mendatangi Palembang saat Asian Games digelar, tentunya sanga sayang sekali jika momen ini tidak dimanfaatkan," kata dia.

Kota Palembang memiliki potensi luar biasa karena merupakan salah satu kota tertua di Indonesia dan memiliki beragam jenis wisata, seperti kuliner, belanja, religi, sejarah dan alam.

Kota Palembang menargetkan jumlah wisatawan dalam negeri menembus angka 1,2 juta jiwa, sedangkan untuk wisatawan manca negara berjumlah 12.000 orang. Target ini cukup tinggi jika dibandingkan capaian tahun 2016 yakni 900.000 orang wisatawan dalam negeri dan 9.000 wisatawan mancanegara.