Seorang kakek hidup sebatangkara bersama kambing

id kakek, kandang kambing, gubuk, kambing

Seorang kakek hidup sebatangkara bersama kambing

Kakek Sudirman tinggal bersama tiga ekor kambing peliharaannya digubuk berukuran 2x4 meter. (ANTARA Jambi/A Khudi/17))

Jambi (ANTARA Sumsel) - Seorang kakek bernama Sudirman (75) warga Pall Merah Lama Kota Jambi hidup sebatangkara dan memprihatinkan di dalam gubuk papan ukuran 2x4 meter persegi bersama tiga ekor kambing peliharaanya.

Saat dikunjungi, Rabu, Sudirman yang sejak 15 tahun lalu  tinggal menempati gubuk yang terletak di Lorong Mustika RT9, Kelurahan Pal Merah Lama, Kecamatan Jambi Selatan, terlihat sedang mengurusi tiga ekor kambing peliharaanya diatas lahan milik orang lain.

Pria tua itu  berasal dari Purwarejo, Jawa Tengah pergi merantau ke Kota Jambi berdua dengan teman dan selama dua tahun sempat bekerja di salah satu bangsal batu bata sedangkan temannya kemudian kerja ke Kabupaten Sarolangun sehingga putus komunikasi sampai sekarang.

Kakek itu merupakan anak kedua dari tiga bersaudara, dimana abang dan adiknya sudah meninggal dunia di Jawa beberapa tahun lalu dan kegiatan sehari-hari sang kakek hanya menjual kangkung liar yang tumbuh di depan gubuk tempat tinggalnya untuk bertahan hidup dan mencari rumput untuk makan kambing miliknya.

"Sudah 15 tahun kakek Sudirman tinggal di gubuk ini dan tidak pernah mendapat bantuan," kata Maulana Rahman (56).

Rahman selama ini sering membantu sang kakek untuk biaya kehidupannya dengan memberikan kebutuhan pokok atau sedekah.

Ia berharap, agar Pemerintah Kota Jambi bisa memberi bantuan kepada  Sudirman. Ia  telah mencoba menghubungi pihak keluarga di Jawa, namun pria itu  tidak bersedia pulang tanpa memberikan alasan kepada pihak keluarga di sana.