Mitsubishi ekspor seribuan xpander

id mitsubishi, xpander , PT Mitsubishi Motor Krama, kendaraan serba guna

Makassar  (ANTARA Sumsel) - Mitsubishi Indonesia akan mulai ekspor sekitar 1.000-an  kendaraan serba guna kecil (small MPV), Xpander, pada awal tahun depan setelah lebih dulu produksi untuk pasar domestik pada Oktober 2017.

"Kami mulai ekspor secara perlahan pada kuartal pertama 2018," kata Presdir PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Kyoya Kond, di Makasar, Sulawesi Selatan, Rabu.

Di sela-sela pameran khusus di Makasar tersebut, ia menjelaskan pihaknya mengalokasikan produksi  Xpander sebanyak 80 ribu unit per tahun dari total kapasitas produksi pabrik baru Mitsubishi di Bekasi (Jawa Barat) sebesar 160 ribu unit per tahun.

Pihaknya mengalokasikan ekspor Xpander  --yang merupakan MPV kecil global pertama Mitsubishi yang diproduksi di Indonesia itu-- sebanyak 20 ribu unit per tahun, sedangkan untuk pasar dalam negeri sebanyak 60 ribu unit per tahun.

"Secara bertahap kami ekspor ke negara-negara ASEAN seperti Philipina, Vietnam, dan Thailan, serta negara lainnya," ujar Kondo.

Ia memperkirakan pada awal ekspor tersebut hanya sekitar 1.000-an dan akan terus ditingkatkan seiring dengan  kemampuan pabrik memproduksi model terbaru Mitsubishi itu.

Kepala Public Relation & CSR MMKSI Intan Vidiasari menambahkan mengingat Mitsubishi Xpander merupakan model yang benar-benar baru di dunia, maka kapasitas produksi pabrik tahun ini maupun tahun depan diperkirakan belum maksimal.

"Mitsubishi Xpander belum pernah diproduksi sebelumnya, tidak seperti Pajero yang sudah diproduksi di Thailand. Ini model baru di dunia dan hanya diproduksi di Indonesia," katanya.

Oleh karena itu kemampuan pabrik masih menyesuaikan. Intan memperkirakan bila kemampuan produksi Mitsubishi Xpander bisa menembus 5.000 unit per bulan untuk produksi dalam negeri, maka target ekspor 20.000 unit per tahun bisa tercapai.
       
             Puas
Pada kesempatan itu Presdir MMKSI Kyoya Kondo juga menyampaikan kepuasaan atas pencapaian  order terhadap Mitsubishi Xpander yang peluncuran perdananya di dunia (world premiere) pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 10 Agustus 2017.

"Sampai hari ini pesanan Mitsubishi Xpander telah mencapai lebih dari 15.000 unit," ujarnya.

Ia mengatakan pencapaian tersebut di atas proyeksi MMKSI yang menargetkan penjualan sekitar 7.000 unit dalam sebulan.