Indonesia ke semifinal piala AFF U-19

id timnas u-18, piala aff, semi final, timnas, timnas

Indonesia ke semifinal piala AFF U-19

Timnas U-19. (ANTARA/Fahrul Jayadiputra)

Jakarta  (ANTARA Sumsel) - Tim nasional Indonesia memastikan diri lolos ke babak semifinal kejuaraan sepak bola Asia Tenggara Piala AFF U-19 setelah pada pertandingan terakhir Grup B menang telak 8-0 atas Brunei Darussalam di Stadion Thuwuna, Yangon, Myanmar, Rabu.

Dengan kemenangan besar tersebut, tim asuhan Indra Syafrie setidaknya sudah aman di posisi dua besar Grup B, sementara klasemen akhir akan ditentukan pada pertandingan "hidup-mati" Rabu malam antara tuan rumah Myanmar dan Vietnam. Apa pun hasil pertandingan Myanmar-Thailand tidak akan berdampak pada tiket Indonesia ke semifinal.

Dalam pertandingan yang juga disiarkan stasiun televisi swasta nasional itu, tim nasional Indonesia menunjukkan kualitasnya yang jauh di atas Brunei.

Kebutuhan banyak gol yang dibebankan tim Garuda Nusantara langsung dijawab dengan gol pertama Rafli Nursalim saat pertandingan belum sampai satu menit.

Gol Rafli seakan menjadi awal pesta gol Indonesia. Pada menit ke-18 Egy Maulana Vikri menyerbu dari sayap kiri dan melepaskan tendangan ke mulut gawang Brunei. Dua pemain belakang Brunei mencoba menghalau namun gol tetap bergulir ke gawang.

Menit ke-22, aksi cantik Egy yang mendapat sodoron umpan dari Feby Eka Putra ke sayap kiri, dijawabnya dengan sebuah tendangan datar yang gagal di antisipasi kiper Brunei Amirul Hakim.

Unggul tiga gol tidak mengendurkan semangat Indonesia yang memanfaatkan sayap kiri dan kanan untuk melakukan terobosan ke lini pertahanan Brunei.

Tiga gol tambahan di babak pertama berhasil dicetak Indonesia masing-masing oleh Witan Sulaeman (menit 40), dan dua gol lagi dari Rafli sebagai trigolnya di pertandingan ini.

Pada babak kedua, serangan gencar Indonesia tetap menjadi momok bagi Brunei sehingga tim dari negri jiran tersebut harus lebih fokus di wilayah sendiri. Sadil Ramdhani yang masuk menggantikan Febi di babak kedua sering kali menerobos dari sayap kiri.

Dua gol tercipta babak kedua, masing-masing melaui Witan Sulaeman di menit ke-66 dan Hanis Saghara menit ke-68.