Kandang ayam bersih cegah penyakit unggas

id kandang ayam, bebek, unggas, penyakit, flu burung, Newcastle Disease

Seorang peternak memberi makan ayamnya di kandang ayam potong. (ANTARA FOTO/Moch Asim)

Martapura (ANTARA Sumsel) - Dinas Perikanan Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan, mengimbau kepada warga di wilayah itu agar rutin membersihkan kandang hewan peliharaan guna mencegah penyakit pada unggas yang dipelihara.

"Membersihkan kandang hewan peliharaan secara rutin dapat mencegah penyebaran penyakit pada unggas," kata Kepala Dinas Perikanan Ogan Komering Ulu (OKU) Timur Santio melalui Bidang Kesehatan Hewan Muhammad Irsandi di Martapura, Selasa.

Menurut dia, pada musim pancaroba seperti sekarang ini banyak terjadi kematian secara mendadak pada hewan peliharaan, untuk itu perlu dilakukan penyemprotan desinfektan pada kandang unggas.

Ia berharap para peternak waspada saat perubahan musim seperti saat ini karena biasanya penyakit Newcastle Disease (ND) atau sering disebut virus tetelo sering kali menyerang unggas.

"Penyakit ini biasanya menginfeksi pada ayam," ungkapnya.

Adapun cara mencegah penyakit saat musim pancaroba tersebut, sebaiknya unggas dikandangkan dan segera memisahkan hewan yang sakit guna mencegah penularan.

"Jika ada unggas sakit segera dipisahkan dengan hewan yang sehat agar tidak menular. Yang terpenting menjaga kebersihan lingkungan rumah dan kandang peliharaan menyemprotnya dengan desinfektan," jelasnya.

Untuk mendapatkan desinfektan itu warga bisa mendatangi Dinas UPTD Peternakan terdekat di seluruh kecamatan wilayah setempat atau melapor langsung ke pihaknya.

"Jika ada unggas seperti ayam yang mati mendadak segera mengubur bangkai tersebut atau dibakar dan melapor ke petugas peternakan untuk dilakukan penyemprotan desinfektan," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar