Embarkasi Palembang siap sambut kedatangan jamaah haji

id Embarkasi, Saefudin, Panitia Penyelenggara, Haji, kepulangan haji

Ilustrasi- Sejumlah jamaah haji yang baru tiba dari tanah suci menaiki bus haji. (Antarasumsel.com/13/Feny Selly)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Embarkasi Palembang siap menyambut kedatangan jamaah haji Sumatera Selatan yang dijadwalkan tiba di Tanah Air pada pertengahan September 2017.

Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Palembang Saefudin, Senin mengatakan, kehadiran kelompok terbang (Kloter) pertama itu nantinya akan disambut di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Berdasarkan jadwal kedatangan jamaah asal Kabupaten Lahat dan Kota Pagaralam itu pada malam hari, ujar dia.

Pihaknya telah mempersiapkan diri menyambut jamaah Sumsel yang telah menunaikan rukun Islam kelima itu, kata dia.

Berbagai perlengkapan sudah dipersiapkan seperti mobil khusus termasuk ambulance.  Setelah tiba di bandara para jamaah haji tersebut langsung menuju asrama untuk beristerahat sejenak.

"Jadi keluarga nantinya bila ingin menjemput di asrama haji Palembang, namun hanya di luar pagar, guna menjaga ketertiban," kata Saefudin.

Kuota untuk embarkasi Palembang Tahun 2017 ini berjumlah 8.199 jamaah, yang merupakan gabungan dari Sumsel 7.035, Babel 1.069, termasuk 95 petugas.

Lebih lanjut dia mengatakan, hasil terakhir keberangkatan, terdapat 13 kuota yang tidak terpenuhi, karena ada jamaah yang batal berangkat seperti meninggal dunia sebelum masuk embarkasi, hamil, mengidap penyakit tertentu yang dianggap tidak memenuhi syarat istitho`ah.

Jamaah haji yang berangkat dari embarkasi Palembang itu delapan di antaranya meninggal dunia termasuk dua orang berasal dari Bangka Belitung, tambah dia.

Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar