Dinkes Musi Banyuasin libatkan Akper dirikan Posbindu

id posbindu, posbindi ptm, penyakit tidak menular, dinkes, pencegahan

...Pendirian Posbindu penyakit tidak menular itu merupakan salah satu upaya kesehatan berbasis masyarakat yang bersifat promotif dan preventif...
Sekayu, Musi Banyuasin (ANTARA Sumsel) - Dinas Kesehatan Musi Banyuasin, Sumatera Selatan melibatkan Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Akademi Perawat setempat mendirikan Pos Pembinaan Terpadu penyakit tidak menular di kawasan permukiman penduduk.

Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) tersebut didirikan di Kampung Sekate, Kelurahan Soak Baru, Kecamatan Sekayu, kata Kepala Dinas Kesehatan Musi Banyuasin dr Taufik Rusydi, di Sekayu, Kamis.

Menurut dia, pendirian Posbindu penyakit tidak menular itu merupakan salah satu upaya kesehatan berbasis masyarakat yang bersifat promotif dan preventif.

Melalui unit pelayanan kesehatan tersebut diharapkan dapat memantau faktor risiko penyakit tidak menular dan mengetahui sejak dini kondisi kesehatan masyarakat secara umum, katanya.

Dia menjelaskan, kehadiran Posbindu di kawasan permukiman diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat secara maksimal memeriksakan kesehatan secara rutin dan periodik.

Dengan upaya itu diharapkan pula bisa dilakukan pencegahan gangguan kesehatan serta penemuan dini faktor risiko penyakit tidak menular, ujar kadinkes.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Musi Banyuasin Thia Yufada pada saat meresmikan Posbindu Kampung Sekate itu mengajak masyarakat untuk memanfaatkan secara maksimal unit pelayanan kesehatan itu.

Pembangunan sektor kesehatan di Indonesia saat ini lebih dititik promotif dan preventif atau promosi kesehatan dan upaya pencegahan bukan berfokus pada pengobatan dan rehabilitas.

Salah satu upaya pemerintah dalam pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM) yang bersifat promotif dan preventif adalah dengan membentuk Posbindu PTM, kata Thia.