Palembang andalkan wisata sungai sambut Asian Games

id sungai musi, perahu naga, Harnojoyo, waliota palembang, objek wisata

Sejumlah perahu tradisional bersandar dipinggir Sungai Musi dengan latar belakang Jembatan Ampera Palembang, Sumsel. (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kota Palembang mengandalkan destinasi wisata sungai untuk memanfaatkan momentum menjadi tuan rumah Asian Games XVIII tahun 2018.

Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Kamis, mengatakan, penataan dan pengembangan terus dilakukan untuk beberapa kawasan yang diproyeksikan menjadi objek wisata sungai ini, di antaranya Kampung Al Munawar, Kampung Kapitan dan Pulau Kemaro.

"Upaya sudah dilakukan sejak tahun lalu, dan saat ini sudah mulai terlihat hasilnya. Selain itu, muncul juga destinasi wisata baru seperti kampung warna-warni dan lainnya," kata dia.

Ia mengatakan pemkot fokus menggarap wisata sungai ini karena belum ada daerah di Indonesia yang menggarapnya. Kota Palembang dinilai Kementerian Pariwisata sangat berpotensi menggembangkannya karena memiliki sungai yang membela kota, selain itu sejumlah lokasi wisata sejarah juga berada di bandaran sungai.

"Semoga saja, tahun depan impian menjadi Palembang sebagai Venesia dari Timur dapat terwujud," kata dia.

Apalagi, ia melanjutkan, upaya ini mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang mengalokasikan dana untuk pembenahan kawasan kumuh yang sebagian besar berlokasi di dekat sungai.

Sejak tahun 2016 dilakukan penataan kawasan kumuh di 59 kelurahan yang sebagian besar tersebar di kawasan Seberang Ulu, kata Harnojoyo.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani mengatakan kota ini memiliki potensi luar biasa karena merupakan salah satu kota tertua di Indonesia dan memiliki beragam jenis wisata, seperti kuliner, belanja, religi, sejarah dan alam.

"Sektor pariwisata saat ini menjadi prioritas karena ajang Asian Games ini dipadang sangat efektif untuk mempromosikan daerah. Saat Asian Games tentunya dampak langsungnya belum terasa, tapi diharapkan beberapa tahun kemudian baru akan berpengaruh terutama dari jumlah kunjungan wisatawan," kata Isnaini.

Kota Palembang menargetkan jumlah wisatawan dalam negeri menembus angka 1,2 juta jiwa, sedangkan untuk wisatawan manca negara berjumlah 12.000 orang pada 2017.

Target ini cukup tinggi jika dibandingkan capaian tahun 2016 yakni 900.000 orang wisatawan dalam negeri dan 9.000 wisatawan manca negara.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar