Menkominfo pantau proses pemulihan satelit Telkom 1

id Rudiantara, satelit, Telkom, pemulihan

Menkominfo pantau proses pemulihan satelit Telkom 1

Menkominfo Rudiantara . (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Menkominfo Rudiantara melakukan kunjungan ke Crisis Center TelkomGroup untuk memantau perkembangan "service recovery" Satelit Telkom 1 PT Telkom Indonesia Tbk (Persero), di Graha Merah Putih, Jakarta, Selasa.

Didampingi Dirut Telkom Alex J Sinaga, Rudiantara melalui "video conference" melihat langsung proses penanganan pemulihan di beberapa lokasi crisis center di antaranya dari Stasiun Pengendali Utama (SPU) Satelit Cibinong, Ground Station Master Control di Bogor dan 7 Kantor Telkom Regional.

"Saya mengapresiasi segenap jajaran manajemen dan karyawan Telkom yang telah mencurahkan tenaga dan pikiran untuk memulihkan layanan satelit Telkom 1 sebagai bentuk komitmen memberikan layanan terbaik bagi pelanggan dan masyarakat Indonesia," ujar Rudiantara.

Sebelumnya, pada Jumat (25/8), sekitar pukul 16.51 WIB telah terjadi anomali pada satelit Telkom 1 yang berakibat pada pergeseran pointing antena sehingga semua layanan transponder dari satelit itu terganggu.

"Recovery" satelit Telkom 1 yang dilakukan bersama Telkom dan Lockheed Martin sebagai langkah antisipasi dan untuk kontinuitas kualitas layanan kepada pelanggan.

Dirut Telkom Alex J Sinaga mengatakan, untuk memaksimalkan pemulihan layanan pelanggan dan masyarakat yang terkena dampak gangguan Satelit Telkom 1, Telkom terus mengerahkan seluruh personel dan teknisi TelkomGroup di seluruh Indonesia untuk menyelesaikan proses pemulihan layanan satelit.

"Hingga hari ini Selasa (5/9) pukul 10.00 WIB, Telkom telah memulihkan sejumlah 7.658 site dari total 11.574 site 'Very Small Aperture Terminal' (VSAT) ATM perbankan. Atau sebanyak 66 persen layanan ATM perbankan telah berfungsi normal kembali," ujar Alex.

Realisasi pemulihan site pelanggan hingga Selasa (5/9) pukul 10.00 WIB telah mencapai 10.654 site atau 71 persen dari total 15.000 site.

Untuk mempercepat proses perbaikan, jajaran manajemen Telkom secara intensif melakukan pemantauan langsung terhadap pelaksanaan repointing antena selama 24 jam x 7 hari.

Dengan stabilnya progres realisasi recovery yang berkecepatan mencapai 1.200 site per hari, Telkom berharap dapat menyelesaikan pemulihan 15.000 site layanan pelanggan hingga maksimal 10 September 2017.