Korsel hilangkan kesempatan amankan tempat Piala Dunia 2018

id korea selatan, sepak bola, piala dunia, peluang, pertandingan, iran, Uzbekistan, kalah

Korsel hilangkan kesempatan amankan tempat Piala Dunia 2018

Ilustrasi - Petandingan sepak bola (REUTERS/Dominic Ebenbichler)

Seoul (Antara/Reuters) - Korea Selatan menyia-nyiakan kesempatan untuk mengamankan tempat mereka di putaran final Piala Dunia 2018 setelah pada hari Kamis hanya bermain imbang 0-0 dengan Iran yang bermain dengan 10 orang.

Dengan Uzbekistan yang kalah 1-0 di China, Korea akan memastikan tempat kedua otomatis Grup A untuk Rusia namun tidak dapat menemukan jalan melewati Iran yang tak tergoyahkan dan belum kebobolan satu gol pun dalam 12 pertandingan kualifikasi Piala Dunia yang dimulai pada November 2015.

Jang Hyun-soo menjadi pemain Korea Selatan yang paling dekat untuk memecahkan kebuntuan di menit ke-19 saat pertandingan yang berlangsung di Stadion Piala Dunia Seoul saat sundulannya dari dalam kotak enam belas pas mendarat beberapa inchi dari tiang kiri Ali Beiranvand.

Sementara gelandang Swansea City Ki Sung-Yueng dinilai tidak cukup fit untuk dimainkan, pemain yang kerap menjadi "azimat" Korea Selatan Son Heung-min berada dalam line-up tapi hanya diberi sedikit ruang oleh pertahanan Iran.

Pertandingan tersebut berlangsung buruk pada menit ke-50 saat pemain Iran Saeid Ezatolahi mendapatkan kartu merah karena mengentak kepala bek Korsel Kim Min-jae.

Unggul jumlah pemain ditambah dukungan dari sekitar 60.000 penggemar mereka, Korea menempatkan banyak pemain-pemainnya ke barisan depan untuk mencari kemenangan namun Iran tetap bertahan sampai peluit akhir dibunyikan.

Dengan hasil tersebut Korea Selatan tetap berada di posisi kedua dengan 14 poin di belakang Iran yang memastikan tempat Piala Dunia 2018, sedangkan Suriah dan Uzbekistan tertinggal dua poin di belakang Korsel.

Korea Selatan akan melakukan perjalanan ke Tashkent untuk menghadapi Uzbekistan dalam kualifikasi terakhir mereka pada 5 September mendatang, sementara Suriah menantang Iran di Teheran.