Pemerintah bagikan 595 konverter KIT di Palembang

id konverter kit, Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar, bahan bakar gas

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral membagikan sebanyak 595 unit konverter kit di Palembang untuk mobil dinas pemerintah dan angkutan kota serta taksi.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar di Palembang, Rabu, mengatakan, pemerintah membagikan konverter kit ini tak lain untuk mendorong penggunaan bahan bakar gas.

"Manfaat penggunaan bahan bakar gas ini tidak hanya dapat menekan biaya, tapi juga membuat lingkungan menjadi lebih bersih," kata Arcandra.

Ia mengatakan penggunaan bahan bakar gas sebagai alternatif bahan bakar memberikan banyak manfaat, seperti ramah lingkungan karena emisi gas buang lebih rendah dibandingkan BBM.

Selain itu, juga meningkatkan efisiensi biaya operasional dan perawatan karena bahan bakar gas tidak menimbulkan kerak di ruang bakar mesin kendaraan.

"Manfaat lainnya, penghematan dari harga beli bahan bakar gas yang lebih kompetitif dibandingkan bahan bakar fossil seperti bensin, solar maupun LPG," kata dia.

Alokasi konverter kit yang dibagikan di Palembang diketahui sebanyak 200 unit untuk kendaraan dinas Pemerintah Kota Palembang, 50 unit untuk angkutan kota dan 345 unit taksi.

Total unit yang dibagikan di Palembang ini merupakan bagian dari 5.000 konverter kit yang disebarkan pada 2017 dengan dana Rp97,8 miliar.

Dari total 5.000 unit konverter kit tersebut, PT Pertamina mendapatkan penugasan membagikan sekitar 3.000 unit di Palembang, Prabumulih, Subang, Depok, Cirebon, Balikpapan, DKI Jakarta.

Pemerintah menargetkan sebelum akhir tahun sudah terealisasikan sehingga SPBG yang dibangun di beberapa daerah dapat teroptimalkan.

Pembagian konverter kit ini merupakan kelanjutan dari kegiatan tahun lalu yang setidaknya telah membagikan 1.000 unit konverter kit telah dibagikan pada 2016.