Tugu Belido jadi destinasi wisata baru Palembang

id belido, tugu belido

Tugu Ikan Belido segera diresmikan (Antarasumsel.com/Feny Selly/17)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Tugu Belido yang dibangun di pelataran Plaza Benteng Kuto Besak Palembang diharapkan akan menjadi salah satu destinasi wisata baru di kota tersebut.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang, Sudirman Tegoeh, Kamis, sekarang ini pembangunan Tugu Belido itu prosesnya sudah mencapai 97 persen, jadi secara fisik sudah selesai seluruhnya.

"Sekarang ini tinggal pasang lampu, sementara pompa airnya sendiri sudah dipasang hanya saja semprotan airnya belum sesuai dengan yang diinginkan.

Itu ada dua masalah, apakah aliran untuk sirkulasinya atau nozlenya, ini masih terus dicari solusinya," katanya.

Ia mengatakan, pada akhirnya semuanya selesai dan untuk peresmian tugu ini nantinya akan dilaksanakan sekitar akhir September 2017.

Tugu ini layaknya Merlion Park di Singapura yang juga akan menyemprotkan air dari mulut ikan mengarah ke Sungai Musi sepanjang 50 meter.

Tugu Belido direncanakan akan diresmikan Presiden Joko Widodo bersamaan dengan sejumlah rangkaian kegiatan lainnya seperti peluncuran Sekanak kerihin, gotong royong 500 ribu orang bersamaan kemudian pemekaran kecamatan dan peluncuran robot Asian Games 2018.

Selain itu juga, lanjutnya peluncuran dimulainya pembuatan songket sepanjang 218 meter dengan berbagai motif songket.

Ia menyatakan, pasca pembuatan tugu belido itu ada pembuatan pos jaga dan dermaga swafoto bantuan dana dari tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dari Bank SumselBabel.

Orang yang datang ke Palembang belum merasa lengkap kalau belum berswafoto di Tugu Belido nantinya seperti halnya kalau ke Singapura di Merlion Park. Dengan begitu diharapkan mereka yang berkunjung ke Palembang semakin banyak pula, katanya.
Pewarta :
Editor: M. Suparni
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar