Delapan hewan kurban terindikasi terserang penyakit

id hewan kurban, sapi, kambing, penyakit, kesehatan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan

Ilustrasi- Petugas bersiap menyuntikkan Vaksin ke sapi . (ANTARA FOTO/Rudi Mulya)

Jambi (ANTARA Sumsel) - Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DKPK) Kota Jambi, Damiri, mengatakan terdapat delapan hewan kurban yakni lima sapi dan tiga kambing terindikasi terserang penyakit Seabies dan Pink Eyes.

"Hewan kurban yang dinyatakan sakit itu akan diberi obat, jika menjelang Idul Adha dinyatakan sehat maka bisa digunakan untuk hewan kurban, tapi jika tidak maka tidak boleh digunakan untuk hewan kurban," katanya di Jambi, Selasa.

Dia mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi melibatkan enam dokter hewan untuk turut membantu melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di daerah itu yang akan dipotong pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah.

"Ada enam dokter hewan yang kita terjunkan untuk memeriksa hewan kurban bersama dengan petugas kita yang dibantu mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Jambi," katanya.

Pemeriksaan itu dilakukan untuk memastikan kesehatan dan kelayakan hewan kurban yang beredar di peternak dan pedagang yang akan dipotong untuk hari raya kurban.

Dalam pemeriksaan yang mulai dilakukan tersebut, terdapat delapan hewan kurban terindikasi terserang penyakit.

Selain itu, DKPK juga menggandeng  MUI untuk melakukan sosialisasi terkait dengan kriteria hewan kurban yang diperbolehkan untuk dipotong.

Sedangkan untuk memastikan keamanan dan kesehatan hewan kurban supaya terbebas dari penyakit itu, sebelum Idul Adha telah dilakukan pemeriksaan dengan melibatkan petugas kesehatan hewan.

"Semua hewan ternak nanti melalui pemeriksaan kesehatan hewan, dan nanti yang dinyatakan layak akan kita berikan label warna biru di lehernya," katanya.

Sementara itu berdasarkan data yang dihimpun untuk kebutuhan hewan kurban di Kota Jambi tahun 2017 mencapai 2.570 ekor yang terdiri dari sapi 1.685 ekor, kambing 800 ekor dan kerbau 85 ekor.

"Untuk stok sapi di Kota Jambi  mencapai 1.880 ekor dan stok kambing berlebih. Namun biasanya permintaan akan lebih melonjak naik menjelang H-7 Idul Adha," kata Damiri.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar