Pemkot Palembang giatkan Posbindu di kecamatan

id posbindu, pemkot palembang

Pemkot Palembang galakkan program Posbindu (Antarasumsel.com/Feny Selly/17)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, melalui Dinas Kesehatan menggiatkan Pos Bimbingan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular di 30 titik di tingkat kecamatan dalam wilayah kota setempat.

"Dengan Pos Bimbingan Terpadu (Posbindu) tersebut kami berharap dapat membantu masyarakat menjaga kesehatan agar tidak terkena penyakit," kata Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda saat membuka Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM) di Palembang, Jumat.

Ia berharap, lewat kegiatan yang diselenggarakan rutin setiap bulan ini dapat mendukung Dinkes serta Rumah Sakit BARI dalam memantau kesehatan warganya.

Hal ini, menurutnya penting sebagai tuan rumah penyelenggara Asian Games 2018 masyarakat harus siap menghadapi dengan semangat untuk sehat.

Penyakit tidak menular , kata dia tercatat sebagai pembunuh dengan angka kematian tertinggi di Indonesia.

"Di Palembang yang cukup banyak adalah penyakit jantung dan hipertensi serta diabetes," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang Letizia dijumpai di sela kegiatan.

Menurut dia, untuk menanggulangi masalah Penyakit Tidak Menular tersebut, Posbindu PTM diadakan secara rutin dengan berbagai kegiatan yang berisikan bimbingan, pemeriksaan dan pengobatan sebagai antisipasi.

"Ada pemeriksaan gula darah, kolesterol, pantauan berat badan sampai Inspeksi Visual Asam (IVA) untuk mendeteksi kanker serviks," papar dia.

Kanker serviks dewasa ini dipercaya sebagai pembunuh sulit dideteksi, namun dengan pemeriksaan IVA yang tergolong tidak mahal kanker serviks bisa dikenali sejak dini.

Warga di sekitar ataupun di luar lingkungan Posbindu PTM diperkenankan untuk turut serta dalam kegiatan ini, dengan syarat usia di atas 15 tahun dan memiliki kartu Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS) atau terdaftar dalam BPJS Kesehatan.
Pewarta :
Editor: M. Suparni
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar