Menteri BUMN tinjau pembangunan Tol Palindra

Pewarta : id bumn, menteri bumn rini s

Menteri BUMN Rini Soemarno meninjau Tol Palindra. (Antarasumsel.com/Humas HK)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Menteri BUMN Rini Soemarno meninjau pembangunan Jalan Tol Palembang-Inderalaya (Palindra) yang dipercayakan kepada PT Hutama Karya (Persero), Jumat pagi.

Rini berserta rombongan melihat langsung progres pembangunan jalan tol yang sudah menuntaskan seksi 1 (Palembang-Pemulutan sejauh 7 kilo meter) dengan persentase 96 persen, dan masih membangun untuk dua seksi lainnya yakni seksi 2 (5 kilometer) dan seksi 3 (10 kilometer).

Untuk seksi 2 diketahui progres pembangunan sudah mencapai 10 persen karena baru menuntaskan pembebasan lahan, dan seksi 3 sedang proses penimbunan dan vakum dengan persentase pengerjaan sebesar 76 persen.

Manajer Proyek Tol Palindra Hasan Turcahyo mengatakan pengerjaan tol saat ini bisa dikebut karena sudah memasuki musim kemarau. Sebelumnya, pekerjaan terkendala mengingat jalan yang harus dilalui truk pengangkut tanah menjadi berlumpur.

"Mudah-mudahaan target Desember tahun ini tercapai," kata Hasan yang mendampingi Menteri BUMN dalam peninjauan ini.

Ia menambahkan, selain menimbun, memvakum, mengeraskan, dan mengaspal, juga dilakukan pemindahan sejumlah kabel Saluran Udara Tegangan Tinggi.

"Pekerjaan diawali dulu dengan pembuatan tower pengganti, jika sudah selesai maka dilajutkan pemasangan konduktor untuk kemudian memindahkan kabel. Untuk seksi 1 ditargetkan selesai pada pekan ini," ujar Hasan.

Jalan Tol Palindra seksi 1 telah digunakan saat Lebaran lalu yakni pada H-5 hingga H+10 untuk membantu kelancaran arus mudik. Pada satu hari menjelang dibuka, jalan di dekat gerbang pintu keluar mengalami amblas. Menurut Hasan, kerusakan sudah diperbaiki dan dinyatakan tidak ada masalah lagi.
Editor: M. Suparni
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar