Gubernur: Kejuaraan MXGP 2018 Tetap di Pangkalpinang

id Moto Cross, Grand Prix, pangkal pinang, Erzaldi Rosman Djohan, bangka, belitung

Dokumentasi - Suasana kejuaraan MXGP di GOR Sahabudin Pangkalpinang pada 5 Maret 2017. (ANTARA/Try Mustika Hardi)

Pangkalpinang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan mengatakan kejuaraan dunia MotoCross Grand Prix (MXGP) 2018 tetap akan dilaksanakan di Pangkalpinang.

"Kejuaraan MXGP merupakan iven yang bagus untuk pengembangan pariwisata di Babel, makanya tak boleh berpindah ke luar daerah. Kemarin saya sudah menggelar rapat dan MXGP Insya Allah tetap di Pangkalpinang," ujarnya di Pangkalpinang, Kamis.

Dia mengatakan, dirinya juga sudah bertemu dengan Wali Kota Pangkalpinang M Irwansyah yang pertama kali menggagas hadirnya seri kejuaraan dunia MXGP di Indonesia.

"Saya sudah sampaikan kepada wali kota, itu barang bagus. Jangan sampai di sini rugi, lalu untung di tempat lain. Jangan sampai pula tidak menjadi wali kota lagi, tapi mau membawa kejuaraan itu ke Palembang," katanya.

Menurut dia, hal yang terpenting dari suksesnya penyelenggaraan MXGP bagi Bangka Belitung adalah bagaimana membuat orang bisa lebih lama berwisata selama kejuaraan dunia itu berlangsung.

"Saat seri pertama, orang datang dengan pesawat siang, pulangnya malam. Penerbangan ektra banyak dan itu salah. Seharusnya dalam pikiran kita, itu bagaimana sejak H-4 hingga H+4 orang bisa tetap ada di Babel, lebih lama tinggalnya," katanya.

Untuk itu, menurut Erzaldi, dalam penyelenggaraan MXGP 2018 mendatang dirinya akan turun langsung untuk membantu mengemas acara penunjang kejuaraan.

"Dalam pelaksanaannya nanti harus banyak acara. Semakin banyak, maka semakin untung masyarakat kita. Ibu-ibu yang jualan kue dan makanan lainnya bisa laku sehingga menambah pendapatan mereka," katanya.

Erzaldi mengatakan, untuk kesuksesan acara tersebut dirinya akan mulai mempromosikan MXGP 2018 jauh-jauh hari sebelum kejuaraan yakni pada awal 2018, karena rencana pelaksanannya pada Juli 2018.

Selain itu, untuk menyiasati panasnya cuaca di Babel saat kejuaraan berlangsung gubernur menginginkan MXGP seri Pangkalpinang digelar pada malam hari.

"Kalau malam hari dijamin lebih bagus. Kita atur sedemikian rupa, lebih kreatif. Kalau masalah penerangannya, kita tinggal bicara dengan PLN untuk mengatur teknisnya seperti apa. Saya yakin, kita pasti bisa," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar