10 titik panas terdeteksi di Jambi

id titik api,bmkg, hot spot, kebakaran hutan, lahan, karhutla, jambi

Dokumentasi Kebakaran Lahan. (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/17) ()

Jambi (ANTARA Sumsel) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jambi mendeteksi 10 titik panas (hot spot) di wilayah provinsi itu Kamis pukul 16.00 WIB.

Kepala BMKG Stasiun Jambi Nurangesti di Jambi, mengatakan 10  titik panas itu terdeteksi pada lima kabupaten melalui pantauan sensor modis satelit Terra & Aqua dengan tingkat kepercayaan (confident) terjadinya kebakaran 57-97 persen.

"Terdapat 10 titik panas tersebar pada sejumlah wilayah Jambi dengan tingkat kepercayaan ada yang berada di angka 97 persen," katanya.

Sebanyak 10 titik panas tersebut masing-masing berada di Kabupaten Bungo sebanyak dua titik yakni di Kecamatan Jujuhan Ilir dengan tingkat kepercayaan terjadinya kebakaran 65-80 persen.

Kemudian di Kabupaten Tanjungjabung Barat terdeteksi satu titik yakni di Kecamatan Batang Asam dengan tingkat kepercayaan 80 persen. Di Kabupaten Tanjungjabung Timur dua titik yakni di Kecamatan Geragai dan Sadu dengan tingkat kepercayaan 57 dan 59 persen.

Di Kabupaten Sarolangun terdeteksi dua titik di Kecamatan Cermin Nan Gedang dengan tingkat kepercayaan 67 dan 97 persen. Di Kabupaten Tebo terdeteksi dua titik di Kecamatan Sumay dengan tingkat kepercayaan 74-76 persen, dan di Kabupaten Muarojambi satu titik di Kecamatan Taman Rajo dengan tingkat kepercayaan 65 persen.

"Tingkat kepercayaan terjadinya kebakaran tertinggi berada di Kabupaten Sarolangun 97 persen. Sedangkan terendah di Kabupaten Tanjungjabung Timur 57 persen," kata Nurangesti.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar