Delapan calon gubernur kembalikan formulir DPD PDI Perjuangan

id Yudha Rinaldi, DPD PDI Perjuangan, cagub, calon gubernur sumsel, pilkada sumsel

Delapan calon gubernur kembalikan formulir DPD PDI Perjuangan

PDIP mulai jaring calon Gubernur Sumsel (Antarasumsel.com/Susilawati/17)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sebanyak delapan bakal calon gubernur Sumatera Selatan telah mengembalikan berkas formulir pendaftaran ke DPD PDI Perjuangan Sumsel hingga hari terakhir pengembalian.

"Dari sembilan bakal calon gubernur yang mengambil formulir hanya delapan orang yang mengembalikan berkas," kata Ketua Tim Penjaringan Calon Kepala Deerah DPD PDI Perjuangan Sumsel, Yudha Rinaldi di Palembang, Kamis.

Menurut dia, delapan bakal calon gubernur Sumatera Selatan yang mengembalikan formulir itu adalah Syahrial Oesman, Aswari Rivai, Ishak Mekki, Sarjan Tahir, Eddy Santana Putra, Iskandar, Herman Deru dan HM Giri Ramanda N Kiemas.

Sementara lanjutnya, kalau untuk bakal calon wakil gubernur Sumatera Selatan ada dua orang yang mengambil formulir pendaftaran yaitu MA Gantada dan Riduan Effendi.

Akan tetapi, lanjutnya kedua bakal calon wakil gubernur Sumsel itu hingga hari terakhir tidak mengembalikan berkas formulir pendaftaran ke PDI Perjuangan.

Ia mengatakan, tahap selanjutnya bagi bakal calon kepala daerah itu akan dilakukan survei bersama yang wajib diikuti.

Jadi, ada 11 lembaga survei yang direkomendasikan oleh DPP PDI Perjuangan. Lembaga survei yang direkomendasikan itu yang dipercaya, ujarnya.

Selain survei PDI Perjuangan juga akan melakukan psikotes dan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap bakal calon kepala daerah yang mendaftar di partai ini, katanya.

Pilkada serentak 2018 akan diikuti sembilan kabupaten dan kota di Sumsel dan ditambah pemilihan gubernur/wakil gubernur Sumatera Selatan.