Menkes ajak mahasiswa UI hasilkan inovasi kesehatan

id Nila Farid Moeloek, Menteri Kesehatan, Universitas Indonesia

Nila Djuwita F. Moeloek (Antarasumsel.com/Feny Selly/Ang/17)

Depok (ANTARA Sumsel) - Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek mengajak para mahasiswa Universitas Indonesia (UI) dapat berkontribusi menghasilkan inovasi kesehatan yang bermanfaat bagi masyarakat luas melalui serangkaian penelitian yang dilakukan semasa perkuliahan.

"Mahasiswa UI juga dapat berkontribusi dengan mengikuti program Nusantara Sehat Kemenkes, yaitu sebuah program untuk mengirimkan tenaga-tenaga kesehatan ke seluruh pelosok Indonesia," kata Nila ketika memberikan kuliah umum di hadapan ribuan mahasiswa baru UI di Balairung UI Depok, Senin.

Selain itu kata Menkes program lainnya yang tengah dijalankan oleh Kemenkes adalah Program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), program jaminan kesehatan, serta perbaikan sanitasi kebersihan masyarakat menjadi prioritas Kemenkes.

"Program ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan kesehatan di tengah masyarakat Indonesia sekaligus mampu mengedukasi masyarakat akan pola hidup yang sehat," katanya.

Ia mengimbau agar para mahasiswa dapat mempertahankan gaya hidup yang sehat dan menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal dan tempat perkuliahan.

Dengan menjaga gaya hidup sehat tersebut, maka akan membantu mencegah terkenanya penyakit tidak menular seperti jantung, diabetes, dan hipertensi.

Sedangkan dalam sambutannya, Rektor UI Prof. Anis menyampaikan selamat datang
kepada mahasiswa baru UI yang telah berhasil lulus mengalahkan lebih kurang 170.000 peserta seleksi.

KAMABA UI 2017 merupakan fase awal untuk mengantarkan para mahasiswa mengawali kehidupan perkuliahan yang diharapkan dapat menjadi fondasi yang kokoh untuk pembangunan karakternya.

KAMABA UI 2017 akan memberikan pengarahan dan bimbingan untuk memahami dan beradaptasi dalam budaya akademis dan sistem belajar pendidikan tinggi guna kemandirian, pola pikir, pergaulan, dan kepedulian terhadap lingkungan.

KAMABA UI 2017 yang mengambil tema ┬┐Melalui KAMABA, Kita Wujudkan Mahasiswa Baru UI 2017 yang Sehat, Berintegritas dan Berprestasi┬┐ ini berlangsung sepanjang bulan Agustus 2017 dengan rangkaian kegiatan seperti Pengenalan Sistem Akademik Universitas dan Etika Akademik ; Latihan Paduan Suara untuk kegiatan wisuda UI ; Orientasi Belajar
Mahasiswa ; Upacara Proklamasi Kemerdekaan ; Orientasi Kehidupan Kampus ; Program Cinta Kampus dan Penampilan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa).
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar