Festival film Venice 2017: Bertabur bintang dan tampilkan kompetisi pertama film "virtual reality"

id film, Festival film Venice, virtual reality

Festival film Venice 2017: Bertabur bintang dan tampilkan kompetisi pertama film  "virtual reality"

Ilustrasi (Antarasumsel.com/Grafis)

Roma (Antara/Reuters) - Film sutradara Alexander Payne, yang menampilkan Matt Damon mini dikabarkan akan menjadi pembuka Festival Film Venice ke-74, menurut panitia, Kamis, saat mengumumkan daftar film pada acara yang biasanya menjadi bocoran film peraih Oscar.

"Downsizing", film Matt Damon tersebut merupakan film satire mengenai pasangan yang memutuskan untuk mengecilkan diri mereka sampai setinggi sepuluh sentimeter, akan mengawali festival film tersebut. Film tersebut dibintangi Matt Damon bersama Kristen Wiig dan Christoph Waltz.

Film tersebut akan bersaing untuk Golden Lion melawan 20 film lainnya, termasuk karya sutradara Guillermo Del Toro "The Shape of Water" dan film horor karya Darren Aranofsky "Mother!", yang dibintangi Jennifer Lawrence.

"(Distributor) Paramount sempat sangat ragu apakah akan mempresentasikan film di sebuah film festival agar tidak membuat spoiler," direktur festival Alberto Barbera mengatakan pada konferensi persnya di Roma.

Film lainnya yang sangat dinantikan dalam festival tersebut  yakni "Human Flow", film dokumenter yang mengangkat krisis pengungsi lokal karya seniman China Ai Wei Wei.

Barbera mengatakan dirinya merasa sangat puas dengan daftar film pada festival yang diketuainya.

Sementara itu, Damon muncul kembali dalam "Suburbicon",  film komedi gelap yang disutradarai George Clooney dan dibintangi Julianne Moore dalam daftar film festival tersebut.

Para sutradara film yang karyanya ditampilkan dalam festival tersebut berharap karya mereka dapat mengulang kesuksesan "La La Land", "Gravity" dan "Birdman", yang lebih  dulu diluncurkan di Festival Film Venice, dan kemudian memenangkan penghargaan Academy Award.

Festival film tertua di dunia itu juga akan menampilkan kompetisi film virtual reality pertama pada acara perfilman yang pernah dihelat dimanapun.

Sementara itu, Stephen Frears akan mempresentasikan "Victoria and Abdul", karya terbarunya tentang monarki Inggris, dengan Judi Dench sebagai ratu abad ke-19.

Sutradara James Toback menyatukan Sienna Miller dan Alec Baldwin dalam drama independen "The Private Life of Modern Woman", serta pasangan Spanyol, Javier Bardem dan Penelope Cruz tampil dalam "Loving Pablo" garapan Fernando Leon de Aranoa.

Penghargaan Lifetime Achievement akan diperoleh Jane Fonda dan Robert Redford, yang juga menampilkan film barunya "Our Souls at Night", disutradarai Ritesh Batra.

Annette Bening, bintang "American Beauty" menjadi pimpinan dewan juri dalam festival yang akan berlangsung dari 30 Agustus hingga 9 September mendatang itu.(Devi)