Pertamina angkat 50 lulusan D3 jadi pekerja

id pertamina, Toharso, pekerja, d3, Energi dan Mineral, pegawai

Pertamina angkat 50 lulusan D3 jadi pekerja

dokumentasi- Pertamina pemecah rekor Muri slang pemadam terpanjang (Antarasumsel.com/Susilawati/17)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pertamina mengangkat sebagai pekerja baru sebanyak 50 peserta lulusan program beasiswa D3 Sekolah Tinggi Energi dan Mineral (STEM) Akamigas Cepu tahun ajaran 2014-2017.

Direktur Pengolahan PT Pertamina (Persero), Toharso di Health Safety Environment Training Center (HSE TC) di Palembang, Jumat mengucapkan selamat atas kelulusan seluruh peserta program beasiswa D3 dengan nilai yang memuaskan.

"Setelah kalian semua ditempatkan di unit masing-masing, saya harap akan memberikan kinerja yang terbaik, karena kalian adalah orang-orang terpilih dapat berkontribusi untuk kemajuan Pertamina," kata Toharso.

Menurut dia, 50 orang penerima beasiswa ini merupakan putra putri daerah dari seleksi penerimaan pekerja baru lulusan SMA/K pada tahun 2014.

Sementara Manajer HR Refinery Bambang Sembodo mengatakan, para pekerja baru ini akan memiliki perencanaan karir selama bekerja

di Pertamina dan juga akan mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan kompetensi melalui pelatihan.

Pertamina juga memberikan kesempatan bagi para pekerjanya untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi melalui program tugas belajar.

"Untuk tahun ajaran 2014-2017 sebanyak 50 peserta program beasiswa ini merupakan putra putri daerah yang berasal dari seluruh Unit Pengolahan Pertamina dari Unit Pengolahan II

hingga Unit Pengolahan VI.

Ia menuturkan, untuk mendapatkan beasiswa tersebut, calon peserta harus masuk dalam peringkat 10 tertinggi ketika tes masuk bimbingan keahlian juru teknik (BKJT).

Penerima program beasiswa D3 STEM Akamigas ini dibiayai secara penuh oleh PT Pertamina (Persero) selama masa pendidikan hingga masa induction program dan pengangkatan yang dilakukan pada hari ini di HSE TC.

Sementara Manajer HSE TC Saptiadi menjelaskan bahwa HSE TC sendiri berperan sebagai tempat penyelenggaraan pendidikan mengenai wawasan Pertamina kepada para pekerja baru tersebut.

"Untuk pekerja baru dari program beasiswa D3 tahun ajaran 2014-2017 yang diangkat pada hari ini, tim Bambang Sembodo dari HR Refinery memberikan kepercayaan kepada kami untuk melaksanakan induction program mengenai wawasan korporat, proses bisnis, hak dan kewajiban dan tentunya program mandatory HSSE atau program mengenai aspek kesehatan, keselamatan, keamanan, dan lingkungan," jelasnya.

HSE TC, lanjutnya merupakan satu dari banyak wadah tempat pembentukan karakter Pertamina.

"Kami berharap dapat membentuk karakter sesuai dengan tata nilai Pertamina serta tidak lupa menanamkan semangat jujur, tulus, dan amanah kepada pekerja baru dari program beasiswa ini," katanya.