Gubernur Sumatera Selatan jamin renovasi tepat waktu

id Alex Noerdin, gubernur sumsel, jakabaring, Asian Games, arena olah raga, Stadion Madya Bumi Sriwijaya, stadion

Foto aerial stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) yang berada di kompleks olahraga Jakabaring Sport City (JSC) Palembang. (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/dol/17) ()

Palembang (Antarasumsel.com) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menjamin renovasi dan pembangunan arena olahraga akan selesai tepat waktu sebelum pelaksanaan Asian Games XVIII tahun 2018.

Alex di Palembang, Senin, mengatakan pihaknya sangat optimistis mengingat Sumsel telah berpengalaman dalam pembangunan arena olahraga, apalagi untuk Asian Games memiliki persiapan relatif lebih lama.

"Saat menjadi tuan rumah SEA Games, praktis hanya ada waktu 11 bulan, sementara untuk Asian Games memiliki waktu lebih daru dari dua tahun," kata Alex.

Ia menjelaskan renovasi Stadion Menembak Jakabaring diperkirakan akan selesai sebelum akhir tahun 2017, kemudian disusul Lapangan Tenis, Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring dan Stadion Madya Bumi Sriwijaya.

Penyelesaian ini sesuai dengan janji Sumsel yakni enam bulan sebelum Asian Games digelar sehingga bisa dilakukan ajang tes event untuk mengukur kesiapan tuan rumah.

Hanya dua arena yang diperkirakan akan sedikit molor yakni tiga bulan sebelum Asian Games yakni Arena Boling yang dibangun Sinar Mas dan Convention Hall yang dibangun PT Bukit Asam.

"Secara keseluruhan saya menjamin bahwa penyelesaian akan tepat waktu," kata dia.

Kepercayaan diri ini juga dilatari oleh komitmen pemerintah pusat yang tidak akan memangkas anggaran pembangunan infrastruktur penunjang Asian Games pada 2016.

Alex mengatakan pembangunan jalur kereta api dalam kota Light Rail Trail tetap berjalan sesuai perencanaan, demikian juga dengan jalan tol Palembang-Inderalaya, dan Jembatan Musi IV dan Jembatan Musi VI.

"Justru infrastruktur di Sumatera Selatan harus dikebut pengerjaannya karena Asian Games sebentar lagi," kata Alex.

Sebelumnya pada 2016, pemerintah melakukan penyesuaian pengeluaran APBN dengan memangkas belanja Kementerian Lembaga sebesar Rp65 triliun dan belanja transfer ke daerah Rp68,8 triliun.***4***

(T.D019/B/Y008/Y008) 24-07-2017 14:43:39
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar