Tugu Belido Palembang dijadwalkan diresmikan Presiden

id tugu, tugu belido

Tugu Belido Palembang dijadwalkan diresmikan Presiden

Desain Patung ikan belida ikon baru Kota Palembang (Antarasumsel.com/17/NIla Ertina)

Palembang, (Antarasumsel.com) - Tugu Belido di Plaza Benteng Kuto Besak akan diresmikan Presiden Joko Widodo karena terdapat sejumlah rangkaian kegiatan pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia.

Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Senin, mengatakan, kegiatan lainnya yakni akan digelar gotong royong serentak di 107 Kelurahan di Kota Palembang yang disaksikan Presiden.

"Kami sudah bertemu dengan Menteri Koordinator (Menko) Maritim Luhut B Panjaitan terkait launcing Tugu Belido, Pecah Rekor MURI dan peluncuran robot Asian Games untuk memberikan keterangan seputar Asia Games ke 45 negara, yang akan dilakukan Presiden RI," kata dia.

Ia menjelaskan pembangunan Tugu Belido merupakan bantuan dana corporate social responsibility (CSR) PTBA sebesar Rp3,3 miliar.

Meski mencontoh Singapura dengan ikon Patung Merlion-nya namun sejatinya Tugu Ikan Belido ini memiliki karakteristik tersendiri.

Pemilihan ikan belido ini karena Kota Palembang identik dengan panganan berbahan ikan yakni pempek. Ikan belido yang saat ini sudah langka dan hampir punah dikenal sangat enak jika dibuat panganan khas Palembang itu.

Tugu ini layaknya Merlion Park di Singapura yang juga akan menyemprotkan air dari mulut ikan yang mengarah ke Sungai Musi sepanjang 50 meter.

Tugu Belido dikirim dari Kabupaten Boyolali dan telah tiba di Palembang, Minggu (23/7) yang diangkut menggunakan dua truk. Berat tugu ini sekitar 2 ton dengan tinggi sekitar 9 meter. Bahannya terbuat dari perak.

"Dengana adanya tugu ini diharapkan akan menambah daya tarik Kota Palembang bagi wisatawan," kata dia.