Hotel Swarna Dwipa berbenah hadapi persaingan

id hotel, hotel swarna dwipa, dprd, komisi iiii dprd

Sebuah hotel berbintang yang tengah dibangun di tengah Kota Palembang, Jumat (28/12). (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang  (Antarasumsel.com) - Komisi III DPRD Sumatera Selatan menyarankan agar Hotel Swarna Dwipa terus berbenah dengan melakukan perbaikan fisik, peningkatan mutu pelayanan prima secara terus menerus sehingga tetap mampu bersaing.

Juru bicara Komisi III DPRD Sumatera Selatan Mgs Syaiful Padli menyampaikan hal itu terkait dengan rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban Gubernur Sumsel tahun 2016 di Palembang, Kamis.

Menurut dia, untuk menghadapi tingginya persaingan dunia perhotelan di Kota Palembang agar Hotel Swarna Dwipa terus berbenah dengan melakukan perbaikan fisik,  peningkatan mutu pelayanan prima secara terus menerus.

Ia mengatakan, pada tahun 2016 terjadi penurunan tingkat hunian, bukan hanya di hotel Swarna Dwipa tetapi juga di hotel-hotel bintang lain di Palembang.

Hal ini yang disebabkan adanya kebijakan pemerintah pusat agar semua instansi pemerintah dalam pelaksanaan kegiatan sebaiknya memanfaatkan fasilitas yang ada di instansi masing-masing, menyebabkan berkurangnya kegiatan-kegiatan pemerintah diadakan di hotel-hotel, katanya.

Ia menyatakan, bertambahnya hotel-hotel berbintang di Kota Palembang yang menyebabkan pangsa pasar menjadi berkurang.

Kemudian tingginya biaya energi dan harga bahan-bahan pokok mempengaruhi operasional hotel Swarna Dwipa dan meningkatkan biaya produksi, ujar wakil rakyat tersebut.

Ia menyatakan, BUMD adalah merupakan salah satu instrumen pembangunan daerah, oleh karenanya keberadaanya diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah dengan produk dan kegiatan usahanya.

Pada sisi lain pendirian BUMD dengan memisahkan kekayaan daerah sebagai modal perusahaan juga diharapkan menjadi sumber pendapatan asli daerah bagi pembiayaan pembangunan, katanya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar