IHSG Senin dibuka menguat tipis 0,99 poin

id saham, ihsg, investasi, bei, Bursa Efek Indonesia, Analis Binaartha Sekuritas, pemain saham, saham indonesia

IHSG Senin dibuka menguat tipis 0,99 poin

Bursa Efek Indonesia, Jakarta. (ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI), pada Senin dibuka menguat tipis sebesar 0,99 poin seiring dengan antisipasi investor terhadap data ekonomi domestik.

IHSG BEI dibuka naik 0,99 poin atau 0,02 persen menjadi 5.831,02 poin. Sementara itu kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak melemah 0,08 persen menjadi 977,32 poin.

"IHSG kembali bergerak menguat meski bergerak dalam kisaran sempit," kata Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, Senin.

Menurut dia, penantian investor terhadap sejumlah data ekonomi yang akan dirilis membuat pelaku pasar saham cenderung selektif dalam melakukan transaksi.

"Data neraca perdagangan Indonesia periode Juni tahun ini menjadi perhatian investor, diharapkan mencatatkan kenaikan surplus sehingga mendorong IHSG lebih tinggi," katanya.

Vice President Research and Analysis Valbury Asia Securities Nico Omer Jonckheere menambahkan bahwa pelaku pasar juga sedang mengantisipasi laporan laba perusahaan periode semester pertama tahun ini yang diproyeksikan mencatatkan pertumbuhan.

"Setidaknya faktor itu menjadi katalis bagi IHSG untuk naik," katanya.

Di sisi lain, lanjut dia, pemerintah yang mengelola utang dengan hati-hati juga cukup direspon pasar. Defisit keseimbangan primer pada semester I 2017 sebesar Rp68,2 triliun, turun dibanding periode sama tahun sebelumnya.

"Keberhasilan itu menunjukkan pemerintah berusaha untuk memperbaiki APBN tanpa membebani ekonomi," katanya.

Sementara itu bursa regional, di antaranya indeks bursa Nikkei bergerak naik 19,05 poin (0,09 persen) ke 20.118,86, indeks Hang Seng menguat 81,06 poin (0,31 persen) ke 26.470,29, dan Straits Times menguat 5,91 poin (0,18 persen) ke posisi 3.293,43.