Pemprov Sumsel tetapkan ratusan desa peduli api

id desa peduli api, Alex Noerdin, ogan Komering Ilir, Musi Banyuasin, memadamkan titik api

Gubernur Sumsel Alex Noerdin (Antarasumsel.com/Fenny Selli)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menetapkan 171 Desa Peduli Api yang tersebar di sejumlah kabupaten daerah tersebut sebagai salah satu upaya mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan.

"Ditetapkannya Desa Peduli Api karena areal hutannya rawan terbakar," kata Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Palembang, Jumat.

Menurut dia, ada beberapa kabupaten yang hutan dan lahannya rawan terbakar di antaranya Ogan Komering Ilir dan Musi Banyuasin.

Oleh karena itu pihaknya menjadikan daerah tersebut sebagai desa peduli api. Jadi masyarakat diberdayakan dalam upaya mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan.

Dia mengatakan, pihaknya terus berupaya mencegah kebakaran hutan dan lahan dengan berbagai upaya. Selain memberdayakan masyarakat melalui penetapan Desa Peduli Api, pihaknya juga menyiagakan satuan tugas darat dan udara.

Satuan tugas darat antara lain melakukan patroli untuk memantau dan memadamkan titik api. Sementara satgas udara melakukan pemadaman menggunakan bom air menggunakan helikopter.

"Semua dilakukan supaya di Sumsel tidak terjadi kabut asap seperti tahun 2015," tambah dia.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar