KAI pelaksana Program Siswa Mengenal Nusantara Sumsel

id kereta, pt kai

KAI pelaksana Program Siswa Mengenal Nusantara Sumsel

Program pertukaran pelajar dari Kementerian BUMN (Antarasumsel.com/Humas KAI/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - PT Kereta Api Indonesia tahun 2017 dipercaya Kementerian BUMN untuk menjadi pelaksana atau penanggung jawab Program Siswa Mengenal Nusantara Wilayah Sumatera Selatan bersinergi dengan PT Semen Baturaja, Dinas Pendidikan dan Dinas Pariwisata Sumsel.

Sedikitnya 51 peserta seleksi dari sekolah menengah atas dan kkejuruan (SMA/SMK) dan SMA Luar Biasa (SMA-LB) dari 17 kabupaten dan kota di Sumsel mengikuti program tersebut dengan kriteria di antaranya memiliki prestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu, kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre III, Aida Suryanti di Palembang, Kamis.

Dari 51 orang yang ikut seleksi, terpilih 20 peserta dan akan diberangkatkan ke Provinsi Kalimantan Utara pada 16-23 Juli mendatang sebagai pertukaran pelajar.

Menurut Aida, kegiatan ini sesuai dengan program pemerintah memberdayakan BUMN yang ada ikut berkontribusi di bidang pendidikan untuk siswa berprestasi, namun berasal dari keluarga kurang mampu di daerah-daerah.

Hal yang lebih penting lagi, kata dia, melalui program ini tujuannya untuk menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggaan berbangsa dan bertanah air Indonesia kepada generasi muda.

Program untuk para pelajar ini sebagai duta dari Provinsi Sumsel yang berkesempatan memperkenalkan potensi pariwisata, seni budaya, sejarah, kuliner dan ciri khas daerahnya kepada pelajar dari daerah lain.

"Dari 51 peserta yang ikut seleksi program Kementerian BUMN ini, terpilih 20 peserta yang akan diberangkatkan ke Kalimantan Utara, dan kami juga akan menerima rombongan siswa berasal dari Kalimantan Utara sebagai pertukaran pelajar untuk mengenal Sumatera Selatan," katanya.

Ia mengatakan, melalui program ini siswa bisa mengenal budaya nusantara mengingat keanekaragaman budaya suatu daerah tidak sama dengan daerah lain, sehingga wawasan pelajar tentang nusantara akan semakin luas dan dapat menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan para pelajar sebagai warga Indonesia.

"Dengan program Kementerian BUMN Hadir Untuk Negeri ini saya berharap mereka bisa lebih mengenal kereta api dan menjadi generasi yang bisa mengembangkan moda transportasi kereta api," katanya.