Presiden tiba di Sumba untuk hadiri parade kuda sandelwood

id Joko Widodo, Bandara Tambolaka, pesawat kepresidenan, Frans Lebu Raya, Festival Tenun Ikat, Parade 1001 Kuda Sandelwood, Mayjen TNI Komaruddin Simandj

Presiden tiba di Sumba untuk hadiri parade kuda sandelwood

Presiden Joko Widodo. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Waetabula (Antarasumsel.com) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Bandara Tambolaka, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, untuk menghadiri Festival Tenun Ikat dan Parade 1001 Kuda Sandelwood di Waetabula, Rabu.

Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan rombongan tiba di Bandara Tambolaka menggunakan pesawat kepresidenan tepat pukul 10.15 Wita.

Gubernur NTT Frans Lebu Raya, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Komaruddin Simandjuntak, Kapolda NTT Irjen Pol Agung Sabar Santoso beserta sejumlah pejabat setempat menyambut kedatangan Presiden dan rombongan di bandara.

"Bapak Presiden hari ini akan menghadiri kegiatan festival tenun ikat dan parade 1001 kuda Sandelwood dan mengelar serangkaian acara lainnya," kata Bupati Sumba Barat Daya Markus D Talu di Waetabula.

Presiden akan menerima gelar Rato Sumba Barat Daya, parang khas Sumba, dan satu kuda Sandelwood sebagai penghormatan.

"Nanti beliau akan diberikan gelar Rato dan akan mengenakan juga pakaian adat khas Sumba serta mengenakan tenun ikat Lambaleko," kata Markus.

Di lapangan Galatama, depan rumah jabatan Bupati Sumba Barat Daya, ribuan penenun sudah berkumpul. Mereka mengenakan pakaian adat serta membawa peralatan tenun dan hasil tenunan.

"Saya berharap nanti bisa bersalaman dengan Presiden," kata Christina, penenun asal Kodi Utara.