Bupati minta heli siaga Karhutla Musi Banyuasin

id Dodi Reza Alex, heli, helikopter, pencegahan kebakaran hutan, Musi Banyuasin, karhutla, kebakaran hutan

Kru Helikopter pemadam Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla) asal Ukraina melakukan perawatan .(Antarasumsel.com/Feny Selly/Ag/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - Bupati Musi Banyuasin, Sumatera Selatan Dodi Reza Alex minta kepada Badan Penanggulangan Bencana Nasional untuk menyiagakan heli pencegahan kebakaran hutan dan lahan di daerah tersebut.

Hal ini karena daerahnya memiliki areal hutan dan lahan gambut cukup luas dan bila terjadi titik api cepat ditanggulangi, kata Bupati di Palembang, Selasa.

Menurut dia, sangat wajar bila heli yang berada di Palembang sekarang ini ditempatkan di Sekayu ibukota Kabupaten Musi Banyuasin.

Apalagi landasan sudah siap sehingga bila ditempatkan di Kabupaten Musi Banyuasin tidak ada kendala, ujar dia.

Oleh karena itu pihaknya mengusulkan heli Bom Air tersebut ada yang siaga di Sekayu, kata dia.

Dia mengatakan, nantinya bila ada titik api cepat dipadamkan karena lokasinya semakin dekat dengan lahan yang ada di kabupaten tersebut.

Namun, kata dia, bila berada di Palembang maka pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) memakan waktu karena jaraknya jauh.

Memang pihaknya selalu siaga dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan, karena di kabupaten itu banyak lahan gambut dengan telah mendirikan posko dan kanal air.

Kesemuanya itu dilakukan agar daerah tersebut tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan, tambah dia.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar