Polda Sumsel tingkatkan pencegahan terorisme

id Irjen Pol Agung Budi Maryoto, teroris, jaringan ISIS, razia kendaraan umum, anggota teroris

Polda Sumsel tingkatkan pencegahan terorisme

Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Agung Budi Maryoto (tengah) memberikan keterangan pada Wartawan . (Antarasumsel.com/Feny Selly/Ag/17) ()

Palembang (Antarasumsel.com) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan berupaya meningkatkan pencegahan aksi terorisme di wilayah provinsi setempat dengan melakukan operasi tertutup dan terbuka.

"Sekarang tindakan pencegahan terorisme ditingkatkan. Dalam upaya itu satu terduga jaringan ISIS dijaring saat petugas melakukan razia kendaraan umum dan pribadi di jalan lintas," kata Kapolda Sumsel Irjen Pol Agung Budi Maryoto seusai menyaksikan pemeriksaan Ton (24), seorang pria warga Pekanbaru terduga jaringan ISIS, di Mapolda Sumsel, Palembang Sabtu malam.

Menurut dia, dengan diamankannya satu terduga teroris jaringan atau simpatisan organisasi internasional terlarang itu, pihaknya berupaya lebih meningkatkan tindakan pencegahan aksi terorisme.

Untuk melalukan pencegahan itu dan selain meningkatkan operasi kepolisian di jalan lintas dan sejumlah tempat lainnya, pihaknya mengharapkan partisipasi dari seluruh lapisan masyarakat.

Pelaku terorisme berada di tengah-tengah masyarakat, dengan adanya dukungan masyarakat, jika ada seseorang atau kelompok tertentu yang melakukan tindakan mencurigakan ke arah terorisme bisa ditangani dengan cepat.

Selain itu diingatkan untuk tidak mudah terpengaruh ajakan teman terutama kenalan dari media sosial untuk menjadi simpatisan atau bergabung ke organisasi tertentu yang aktivitasnya bertentengan dengan hukum dan menebar kebencian terhadap institusi negara seperti yang dilakukan warga Pekan Baru yang saat ini dalam pemeriksaan intensif penyidik Unit Jatanras Reskrimum, ujarnya.

Dia menjelaskan, Unit Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Polda Sumatera Selatan, mengamankan seorang pria Ton (24) yang diduga anggota atau simpatisan jaringan organisasi teroris internasional ISIS.

Terduga jaringan organisasi internasional terlarang itu diamankan polisi ketika melakukan razia bus angkutan umum di Jalan Lintas antara Palembang dengan Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir dari Pekanbaru tujuan Kabupaten Muaraenim, Sumsel, Sabtu (8/7) sore.

Terduga jaringan ISIS itu awalnya diamankan anggota polsek Gelumbang, ketika melaksanakan razia kendaraan yang informasinya digunakan atau ditumpangi terduga simpatisan ISIS atas nama Ton.

Sekitar pukul 15.45 WIB Bus Juwita nomor polisi BG 7713 AU melintas. Pada saat berada dil jalan lintas depan Polsek Gelumbang kendaraan tersebut diberhentikan polisi dan diamankan seorang yang diduga menjadi bagian ISIS.

Melalui peningkatan berbagai tindakan pencegahan itu, diharapkan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif selama ini dapati dipelihara dengan baik dan masyarakat bisa menjalani nerbagai aktivitas dengan aman dan nyaman, kata Kapolda.