Fraksi Demokrat apresiasi peningkatan aset Sumsel

id demokrat, fraksi demokrat

Fraksi Demokrat apresiasi peningkatan aset Sumsel

Partai Demokrat (FOTO ANTARA)

Palembang (Antarasumsel.com) - Fraksi Partai Demokrat DPRD Sumatera Selatan mengapresiasi peningkatan 11,03 persen aset Pemprov Sumsel dari per 31 Desember 2015 sebesar Rp13,760 triliun menjadi Rp15,278 triliun per 31 Desember 2016.

Juru Bicara Fraksi Partai Demokrat DPRD Sumatera Selatan, Surip Januarto menyampaikan penghargaan ituu pada rapat paripurna pemandangan umum fraksi-fraksi terhadap raperda pertanggungjawaban APBD Sumsel tahun 2016 di Palembang, Selasa.

Menurut dia, pada tahun-tahun mendatang diharapkan aset-aset tersebut dapat terus bertambah.

Kemudian lanjutnya terhadap realisasi APBD Sumsel tahun 2016 capaiannya hanya sebesar Rp6,583 triliun dari target Rp6,999 triliun, hal ini lebih disebabkan karena realisasi pendapatan tidak mencapai target akibat dari tidak tercapainya target pendapatan asli daerah (PAD) dan dana perimbangan.

Ia mengatakan, adapun realisasi PAD hanya sebesar Rp2,546 triliun dari target sebesar Rp3,094 triliun.

PAD yang secara signifikan tidak mencapai target terjadi pada empat jenis pajak yaitu pajak kendaraan bermotor, bea balik nama kendaraan bermotor, pajak bahan bakar kendaraan bermotor dan pajak rokok, ujarnya.

Ia menyatakan, fraksi tersebut dapat memahami terjadinya penurunan PAD tersebut karena faktor perekonomian global dan nasional yang sedang mengalami penurunan.

Pada tahun 2016 kondisi perekonomian nasional mengalami perlambatan sehingga berdampak pada pencapaian target penerimaan pajak.

Oleh karena itu, Fraksi Demokrat menyarankan Pemprov Sumsel untuk lebih kreatif mencari sumber-sumber PAD dari sektor-sektor lainnya dan mengoptimalisasikan sumber-sumber pendapatan asli daerah yang sudah ada guna meningkatkan pembangunan dan menumbuhkan gairah perekonomian masyarakat.

"Kita tidak dapat mengharapkan lebih banyak lagi dana transfer dari pemerintah pusat," katanya.