Indonesia tuan rumah pertemuan Menpora ASEAN

id Jonni Mardizal, ASEAN, Malaysia, Kamboja, Vietnam, Kemenpora, bidang kepemudaan

Indonesia tuan rumah pertemuan Menpora ASEAN

Logo Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Antarasumsel.com/Grafis/Den)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Indonesia dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ditunjuk sebagai tuan rumah pertemuan menteri yang membidangi bidang kepemudaan di ASEAN dan negara mitra ASEAN di Hotel Sultan Jakarta, 17 Juli.

Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Jonni Mardizal di Jakarta, Senin mengatakan selain negara ASEAN seperti Malaysia, Kamboja dan Vietnam, pada pertemuan ini juga mengundang perwakilan dari Jepang, Korea Selatan dan China.

"Ini adalah pertemuan dua tahunan yang akan membahas berbagai isu pembangunan kepemudaan terutama di wilayah Asia Tenggara dan negara Asia yang menjadi mitra," katanya di media center Kemenpora Jakarta.

Pertemuan tingkat menteri dengan tajuj The Tenth ASEAN Ministerial Meeting on Youth (10th AMMY) dan Tje Sixth ASEAN Plus Three Ministerial on Youth (6th AMMY+3) merupakan implikasi kesepakatan The 12th ASEAN Summits Ceby Declaration Towards One Caring and Sharing Community tahun 1992.

Menurut dia, pertemuan ini sesuai dengan rencana akan dibuka langsung oleh Menpora Imam Nahrawi. Hanya saja pihak panitia penyelenggara masih mengupayakan pertemuan ini bisa dihadiri oleh presiden maupun wakil presiden.

"Harapan kami pertemuan ini bisa dibuka oleh Bapak Presiden Joko Widodo atau Bapak Wakil Presiden Jusuf Kalla. Namun, semuanya harus disesuaikan dengan jadwal kegiatan beliau," katanya menambahkan.

Jonni Mardizal menjelaskan pada pertemuan ini akan mengambil tema Proliferating Youth Entrepreneurship in ASEAN Community atau menumbuhkembangkan kewirausahaan pemuda dalam komunitas ASEAN. Untuk itu selain akan mendatangkan beberapa menteri negara ASEAN juga akan menghadirkan perwakilan pemuda.

"Masing-masing negara akan mengirimkan empat perwakilan pemuda. Selain ikut dalam pertemuan, pemuda ini juga akan melakukan kegiatan yang telah terprogram," katanya menegaskan.

Pemuda ASEAN sesuai dengan program akan mengikuti ASEAN Youth Expo, ASEAN Youth Day Meeting, ASEAN Award dan TAYO ASEAN Award. Sedangkan Menpora Imam Nahrawi nantinya juga akan melakukan pertemuan tersendiri dengan menteri dari Jepang, Korea Selatan dan China.

"Untuk perwakilan dari Indonesia, kami telah mempersiapkan. Kami ingin pemuda Indonesia sangat berperan dalam pertemuan yang mengangkat pentingnya peran wirausaha muda dalam berkompetisi di masyarakat ekonomi ASEAN nanti," katanya dengan optimistis.