Menpan minta PPK konsusten awasi ASN pascalibur

id Asman Abnur, menpan rb, Pejabat pembina Kepegawaian, evaluasi kinerja, Kementerian PANRB

Asman Abnur. (ANTARA /Rosa Panggabean)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur meminta Pejabat pembina Kepegawaian (PPK), baik di pusat maupun di daerah, konsisten mengawasi ASN di hari pertama masuk kerja pascalibur Hri Raya Idul Fitri 1438 H.

"Kami berharap para PPK melakukan monitoring dan evaluasi di hari pertama masuk kerja, guna memastikan jajaran ASN melaksanakan tugas sebagaimana mestinya," ujar Asman disela-sela halalbihalal dengan pegawai Kementerian PANRB di Jakarta, Senin.

Menteri Asman memilih tidak melakukan inspeksi mendadak pascalibur lebaran ini. Namun, ia meminta PPK melakukan pemantauan secara seksama.

Menurut Asman, pemberian hukuman disiplin terhadap ASN yang membolos dapat diberikan oleh PPK di lingkungan instansinya masing-masing.

Bentuknya, kata dia, mulai dari sanksi hukuman disiplin ringan, sedang, sampai berat, tergantung bobot pelanggaran disiplin yang dilakukan.

Ia menegaskan, apabila ada pegawai yang mangkir ataupun bolos di hari pertama masuk kerja, akan mendapatkan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku. Mulai dari peringatan maupun teguran secara tertulis.

Sebelumnya Menteri Asman juga telah berpesan agar para pegawai tidak menambah libur hari Raya Idul Fitri 1438 H. Karena menurut dia, libur dan cuti bersama selama satu pekan lamanya sudah cukup untuk masyarakat menjalin silaturahim bersama sanak keluarga di kampung halaman.

"Saya sudah berkomunikasi dengan para pejabat pembina kepegawaian agar mengawasi para pegawai yang bolos maupun yang telat di hari pertama kembali masuk kerja," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar