Pemudik bersepeda motor terjatuh saat naik kapal

id pemudik, naik motor, jatuh di laut, kapal feri, ramdoor dermaga tiga, PT ASDP Indonesia Ferry

Pemudik bersepeda motor terjatuh saat naik kapal

Ilustrasi (ANTARA)

Bakauheni, Lampung Selatan (Antarasumsel.com) - Diduga berebut saat hendak memasuki kapal tujuan Pelabuhan Merak, Banten, seorang pemudik bersepeda motor Suhardi (42) terjatuh di ramdoor dermaga tiga.

"Saya sedang menunggu kapal portlink sandar di Dermaga III, dan petugas mengarahkan sepeda motor untuk mendekati ramdoor secara perlahan," kata Suhardi, korban yang terjatuh di Dermaga III Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Minggu.
    
Dia mengatakan petugas menyuruh pemudik sepeda motor untuk berjalan secara perlahan, akan tetapi dari belakang ada kendaraan lain yang kecepatannya tinggi.

"Dari belakang secara tiba-tiba muncul kendaraan roda dua dengan kecepatan tinggi dan menyenggol stang motor saya," katanya lagi.

Dia mengungkapkan, dirinya pun terjatuh dengan posisi pundak sebagai tumpuan, akibatnya mengalami luka pada bagian kaki dan patah tulang pundak.

Karena mengalami luka-luka, korban Suhardi langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Bob Bazar Kota Kalianda untuk penanganan lebih lanjut setelah sebelumnya dilarikan ke posko kesehatan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Hingga Minggu, arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan pagi hingga sore hari terus mengalir ramai lancar.

Data sementara jumlah penumpang arus balik yang diseberangkan dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung ke Pelabuhan Merak, Banten mulai Sabtu pukul 08.00 WIB hingga Minggu pagi mencapai 146.583 orang.

Menurut data PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, penumpang itu terdiri atas penumpang pejalan kaki sebanyak 24.359 orang dan penumpang dalam kendaraan 122.224 orang.

Kapal yang dioperasikan sebanyak 36 unit, dan penumpang diangkut dalam 139 pelayaran.

Selain itu, kendaraan yang diseberangkan mulai kemarin pagi hingga Minggu pukul 08.00 WIB mencapai 33.058 unit, terdiri atas 606 truk, 628 bus penumpang, 14.849 mobil pribadi, dan 16.975 unit sepeda motor.

Sedangkan data PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak menunjukkan jumlah penumpang yang diseberangkan dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni mulai H-10 hingga H+1 mencapai 1.041.482 orang, dan 863.160 orang di antaranya merupakan penumpang dalam kendaraan.

Jumlah kendaraan yang diseberangkan pada periode yang sama mencapai 216.152 unit, dan sebanyak 88.908 unit merupakan sepeda motor dan kendaran pribadi sebanyak 107.183 unit.

Arus balik pekerja sektor informal biasanya berlangsung setelah aktivitas perkotaan di Jawa sudah mulai pulih. Puncak arus balik pekerja sektor informal diperkirakan terjadi pada 7-8 Juli 2017.