Arus mudik di pelabuhan Pangkalbalam-Belitung meningkat

id Pangkalbalam-Belitung, pelabuhan, arus mudik, Kepulauan Bangka Belitung, Adriawan Simanungkalit

. ( Antarasumsel.com)/Feny Selly)

Pangkalpinang (Antarasumsel.com) - Arus mudik penumpang kapal laut di Pelabuhan Pangkalbalam Kota Pangkalpinang tujuan Pelabuhan Tanjungpandan Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada H-2 Lebaran ini mencapai 775 orang, meningkat signifikan dibandingkan hari sebelumnya 322 orang.

"Arus mudik tujuan Belitung meningkat tajam, karena pegawai negeri sipil dan karyawan swasta sudah cuti lebaran," kata Kepala KSOP Pangkalbalam Adriawan Simanungkalit di Pangkalpinang, Jumat.

Ia menjelaskan sebanyak 775 orang penumpang kapal Ekpres Bahari rute Pelabuhan Pangkalbalam tujuan Belitung itu dengan rincian penumpang berangkat 384 orang dan turun 391 orang.

"Diperkirakan jumlah penumpang kapal laut pada H-1 atau hari terakhir di Pelabuhan Pangkalbalam akan tetap tinggi, mengingat tiket angkutan udara tujuan Belitung yang sudah habis," ujarnya.

Sementara itu, kata dia penumpang kapal laut tujuan Pelabuhan Tanjung Priok pada H-3 atau hari terakhir arus mudik tujuan Jakarta hanya kisaran 200 orang atau masih normal.

"Diperkirakan lonjakan penumpang kapal arus balik nanti terjadi pada H+7 karena PNS dan karyawan swasta sudah mulai bekerja," ujarnya.

Menurut dia Adriawan selama arus mudik di Pelabuhan Pangkalbalam berjalan kondusif aman, tertib dan lancar, karena penumpang kapal laut tahun ini masih cukup normal dan armada yang disediakan sangat memadai untuk menggangkut masyarakat yang pulang kampung merayakan lebaran.

"Tidak terjadi penumpukan calon penumpang di terminal pelabuhan, karena kapal yang disiagakan sangat memadai. Demikian juga keamanan calon penumpang terjaga dengan baik, karena keamanan diperketat dan siaga 24 jam," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar