Permintaan pengiriman barang di Palembang kembali meningkat

id paket, pengiriman paket, barang, jasa pengiriman, Kargo

Permintaan pengiriman barang di Palembang kembali meningkat

Ilustrasi(Antarasumsel.com/E Permana)

Palembang (Antarasumsel,com) - Permintaan pengiriman barang melalui perusahaan jasa pengiriman surat, dokumen, dan paket barang di Kota Palembang, Sumatera Selatan menjelang Hari Raya IdulFitri 1438 Hijriah/2017 kembali mengalami peningkatan.

"Permintaan masyarakat untuk mengirim barang mereka seperti makanan dan pakaian yang sebelumnya menjelang hingga sepekan bulan suci Ramadhan mengalami peningkatan, kini sejak sepekan menjelang Lebaran Idul Fitri kembali meningkat," kata Direktur PT Jevin Multi Sarana (JMS) Kargo Palembang Rita Rusmawati di Palembang, Rabu.

Menurut Rita, permintaan pengiriman barang melalui perusahaannya mengalami peningkatan sekitar 40 hingga 60 persen dari kondisi normal.

"Biasanya pada bulan-bulan sebelumnya, pengiriman barang rata-rata 150 paket per hari, sedangkan menjelang Lebaran sekarang ini lebih dari 200 paket per harinya," ujarnya.

Permintaan pengiriman barang itu dominan tujuan ke Pulau Jawa terutama Jakarta, Bandung dan Surabaya, begitu juga paket yang masuk untuk didistribusikan ke dalam Kota Palembang dan beberapa kota wilayah Sumsel lainya juga dominan dari sejumlah kota tersebut.

Tingginya permintaan pengiriman barang sudah diprediksi sebelumnya karena berdasarkan pengalaman setiap bulan Ramadan dan menjelang Lebaran Idulfitri selalu terjadi lonjakan permintaan pengiriman terutama berbagai jenis barang kebutuhan hari besar keagamaan ummat Islam itu.

Untuk mengatasi peningkatan permintaan jasa pengiriman barang tersebut, pihaknya melakukan upaya penambahan beberapa unit armada dan mengoptimalkan personel serta jaringan pelayanan yang telah dibangun selama ini.

Dengan berbagai upaya tersebut, sejauh ini pihaknya dapat melayani pengguna jasa dengan baik, dan mampu melayani berapapun permintaan pengiriman dari masyarakat dan tujuan ke mana saja, ujar Rita.

Mengenai ongkos kirim, dia menjelaskan, PT JMS Kargo menetapkan dua pilihan tarif, untuk pengiriman paket barang maupun dokumen secara kilat (satu hari sampai) Rp17.500,- per kilogram dan pengiriman biasa (tiga hari sampai) Rp13.000,- per kg.

Sementara pemilik PT. Tri Pratama Expresindo (TPX) Cargo Ian Fakhlani mengatakan, beberapa hari terakhir terjadi peningkatan permintaan pengiriman terutama barang berupa makanan, ambal, dan pakaian jadi, sedangkan pengiriman dokumen atau surat sedikit menurun karena aktivitas perkantoran mulai berkurang.

Untuk mengatasi peningkatan pelayanan jasa pengiriman barang menjelang Lebaran tahun ini, TPX Cargo telah menambah beberapa unit kendaraan baru dan sewaan sehingga pelayanan bisa dilakukan dengan baik dan barang bisa dikirim ke alamat tujuan sesuai waktu yang disepakati dengan pelanggan, kata Fakhlani.