Dirut Hk: Tol Palindra dibuka satu arah

id tol, tol palindra sumsel

Tol Palindra Palembang-Pemulutan mulai dioperasikan untuk kelancaran arus mudik kendaraan lebaran (Antarasumsel.com/Feny Selly/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - Jalur Tol Palembang - Indralaya atau Palindra Seksi 1 dari Palembang hingga Pegayut Ogan Ilir dibuka satu arah selama masa angkutan lebaran mulai sepuluh hari menjelang dan sepuluh hari setelah Idul Fitri 2017.

"Setelah melihat dan berdiskusi dengan aparat setempat akhirnya kami sepakat untuk membuka Tol Palindra satu arah untuk pertimbangan keamanan," kata Dirut Hutama Karya (Dirut HK), I Gusti Ngurah Putra di Palembang, Selasa.

Dijelaskannya, pemudik dari arah Kota Palembang menuju ke Indralaya dapat menikmati jalur tol seksi 1 hingga Kecamatan Pemulutan sepanjang 9 KM dengan gratis.

Sementara Jalur pintu tol dari Kecamatan Pemulutan ditutup untuk umum demi perbaikan jalan tol yang amblas terjadi pada Sabtu (17/6).

Ia memperkirakan, ada 20.000 kendaraan per hari yang akan melintasi jalur tol Palindra selama musim mudik.

Untuk itu pihaknya menyiagakan sejumlah kendaraan patroli penyelamatan, mobil ambulan, dan mobil derek di area tol.

"Kami siagakan sejumlah personel yang akan berjaga memantau penggunaan dan kondisi jalan tol selama arus mudik lebaran," katanya.

Sementara, pengerjaan perbaikan jalan amblas Tol Palindra pada jalur menuju ke arah lintas timur di Kecamatan Rambutan saat ini telah dilakukan sejumlah perbaikan intensif.

Penyebab amblas sendiri akibat adanya kabel saluran udara tekanan tinggi sepanjang kurang lebih 20-30 meter, kata dia.

Lahan yang merupakan daerah rawa ini diakuinya merupakan pengerjaan jalan tol tersulit, untuk itu pihaknya melakukan preloading dengan metode vacum consolidation untuk mengurangi kadar air udara dari butiran tanah jalan.

Tanah bagian yang amblas digali dan diratakan kembali untuk melakukan pemadatan lapis per lapis.

Menurut dia, meski salah satu jalur ditutup, jalur yang terbuka tetap dapat dipakai sesuai kesekatan satu arah.

Sementara, Kapolres Ogan Ilir, AKBP M Arief Rifai selaku pihak yang memonitor keamanan di kawasan tersebut mengungkapkan pemberlakuan satu arah ini baik bagi kemananan dan kenyamanan pengguna jalan.

"Dengan kondisi tol seperti ini jalan satu arah memudahkan kontrol kami dalam mengatur arus lalu lintas selama musim mudik," kata dia.

Mengantisipasi kepadatan di jalur Ogan Ilir pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah jalur altertatif bagi pemudik pengguna kendaraan.

Ia mengatakan, bila kepadatan terjadi ada tiga alternatif jalan yang akan dibuka bagi pengguna jalan untuk mengurai kemacetan.

Selama musim mudik pihaknya juga menyiapkan ratusan personel di puluhan Posko sepanjang jalur mudik di Ogan Ilir.

Sementara di kawasan tol Palindra ia menyiapkan 60 orang personel untuk memantau lalu lintas kendaraan dan keamanan jalan.

Pantauan di wilayah tol Palindra sejak hari pertama dan kedua (19-20 Juni 2017) dibukanya tampak lenggang. Sekitar puluhan kendaraan mulai memasuki dan mencoba jalur ini.

Rusdi salah satu pengguna tol mengaku cukup puas dengan jalan yang lancar sehingga mudiknya terasa lebih nyaman.

"Jalannya bagus, saya senang bisa melintas di tol ini," kata pria yang tengah berangkat mudik bersama keluarganya menuju OKI.
Pewarta :
Editor: M. Suparni
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar