Peternak sapi butuh fasilitas kandang yang layak

id kandang sapi, peternak sapi, Karya Abadi, Riau Silip, butuh perbaiakan, Mulsi, budidaya sapi

Peternak sapi butuh fasilitas kandang yang layak

Ilustrasi (ANTARA)

Sungailiat (Antarasumsel.com) - Pihak kelompok peternak sapi Karya Abadi, Riau Silip Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membutuhkan fasilitas kandang sapi yang layak.

Ketua kelompok peternak sapi Karya Abadi, Musli di Sungailiat, Selasa mengatakan, kondisi kandang sapi baik milik dirinya maupun anggota lainnya sudah tidak layak karena hanya terbuat dari kayu yang sederhana.

"Saya pribadi memelihara lebih delapan ekor sapi, namun kondisi kandang hanya terbuat dari kayu yang sudah lama sehingga rawan kerusakan, begitu pula dengan kandang sapi milik anggota kelompok lainnya," katanya.

Dia mengatakan, sampai sekarang pihak kelompoknya belum mengetahui penghasilan bagi hasil dari pengaduhan ternak yang berhasil dikembangkan selama lima tahun yang berkembang menjadi menjadi lebih dari 20 ekor.

"Sampai sekarang masing-masing anggota belum mengetahui berapa ekor sapi miliknya hasil pembangian dari pemerintah, padahal pembagian sapi dari hasil budidaya sangat diharapkan untuk membuat kandang dan memenuhi kebutuhan rumah tangga," ujarnya.

Puluhan ekor sapi yang berhasil dikembangkan oleh kelompoknya kata dia, berusia beragam mulai dari satu tahun sampai empat tahun lebih.

"Kami berharap pemerintah segera melakukan pembagian hasil dari budidaya sapi yang berhasil dikembangkan supaya dapat dijual untuk membangun kandang," kata Mulsi.

Budidaya sapi yang dikembangkan kelompoknya yang terdiri tiga orang, kata dia, terbilang cukup berhasil selama lima tahun karena belum pernah ada satu ekorpun sapi yang mati bahkan dari hanya sekitar 10 ekor sekarang berkembang menjadi lebih dari 20 ekor sapi.