Harga daging ayam di Palembang turun

id ayam, daging ayam potong

Harga daging ayam di Palembang turun

Pedagang ayam potong di Palembang (Antarasumsel.com/17/Feny Selly)

Palembang (Antarasumsel.com) - Harga daging ayam potong di sejumlah pasar tradisional Kota Palembang, Senin tercatat Rp30.000/kg atau turun dari saat awal Ramadhan mencapai Rp36.000/kg.

Ketua Asosiasi Masyarakat Perunggasan Sumsel Ismaidi di Palembang, mengatakan, penurunan harga ini dipicu oleh berkurangnya permintaan dan turunnya harga on farm (kandang) yakni dari Rp19.000/kg menjadi Rp17.000/kg.

"Selain itu pasokan ayam juga bertambah setelah sempat turun sekitar 30 persen karena pengaruh cuaca, yakni ayamnya tidak tumbuh," kata dia.

Ia mengatakan, saat ini dari 250.000 ekor ayam potong kebutuhan Sumatera Selatan per hari hanya terpenuhi sekitar 80 persen dari sebelumnya hanya 70 persen.

"Secara hitung-hitungan memang harga ayam harus turun. Idealnya pedagang pengecer di pasar becek itu ambil selisih Rp6.000-Rp7.000/kg, akan tetapi bisa lebih jika terjadi aksi ambil untung terkait Ramadhan dan Lebaran," kata Ismaidi.

Taufik, pedagang daging ayam potong di Pasar Perumnas Palembang, mengatakan penurunan ini sudah terasa sejak dua hari lalu karena terjadi penurunan permintaan.

"Saat awal Ramadhan harga tinggi sekali bahkan tembus Rp36.000/kg, kini sudah turun dan bergerak ke harga normal Rp28.000/kg hingga Rp30.000/kg," kata Taufik.

Senada Alim, pedagang ayam potong di Pasar KM 5 mengatakan harga ayam sudah turun dari agen sehingga harga eceran juga turut turun.

"Hari ini yang beli tidak sebanyak walaupun harga sudah turun. Pada hari pertama puasa, saya bisa jual 50 ekor ayam, kini turun hanya 35 ekor ayam," kata dia.

Pantauan Antara di sejumlah pasar, bukan hanya daging ayam yang bergerak turun, bumbu dapur bawang putih juga mengalami penurunan dari Rp70.000/kg pada pekan lalu menjadi Rp52.000/kg. Penurunan ini diduga karena pasokan tambahan dari Bulog untuk menstabilkan harga.